makanan khas kalimantan barat

Daftar Makanan Khas Kalimantan Barat yang Menggugah Selera

Bagi kamu pecinta kuliner Indonesia pasti tahu makanan khas Kalimantan barat bukan? Yup, Makanan khas daerah Kalimantan Barat didominasi dengan rasa-rasa pedas dan kuah-kuah. Bagi pecinta kuliner, belum lengkap apabila belum mencoba kuliner khas Kalmantan Barat.

Daerah yang biasanya menjadi pusat kuliner di Kalimantan Barat adalah Pontianak. Makanan yang menjadi khas Pontianak antara lain Mie Sagu dan Bubur Pedas Sambas. Makanan khas daerah Kalimantan Barat lainnya yaitu Ale-ale, Kwe tiau rebus dan masih banyak lagi.

Bagi kamu pecinta kuliner Indonesia pasti tidak asing dengan makanan-makanan khas Pontianak. Bahan untuk membuat kuliner ini, sebagian besar hanya ada di daerah Kalimantan Barat, sehingga memang terkadang sulit ditemukan di daerah lain. Berikut ulasan tentang makanan-makanan yang menjadi ciri khas di Kalimantan Barat.

Macam-macam makanan Khas Daerah Kalimantan

makanan khas kalimantan barat enak
makanjalan.com
  1. Makanan khas Kalimantan Barat yang pertama adalah Mie Sagu. Dari namanya kamu pasti sudah mengenali bahan utama pembuatan mia sagu ini, yaitu Sagu. Mie Sagu merupakan makanan khas daerah Pontianak dan biasanya sering dijadikan sarapan bagi masyarakat di daerah Kalimantan Barat.Mie sagu berbeda dengan mie yang biasa kalian temukan di daerah lain. Terbuat dari sagu yang dipotong panjang seperti mie dan kemudian direbus, lalu dicampurkan dengan bumbu-bumbu khas Kalimantan Barat seperti merica, daun kucai.

    Kecambah dan bumbu-bumbu khas lainnya serta potongan daging yang menggugah selera. Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menikmati mie sagu. Biasanya penjual menjual makanan khas satu ini di pinggir jalan.

  2. Makanan khas yang wajib kalian cicipi di daerah Kalimantan Barat adalah “Bubur Pedas Sambas”. Makanan khas daerah Kalimantan Barat yang satu ini sangat digermari masyarakat Kalimantan Barat karena kenikmatannya dan besar manfaatnya untuk kesehatan.
    makanan khas sambas
    wisatapontianak.com

    Untuk kalian yang tidak terlalu menyukai sayur, solusinya yaitu bubur pedas yang nikmat dan bisa menggugah selera kalian. Bubur Pedas sambas ini terbuat dari beras yang telah dihaluskan, lalu di oseng tanpa minyak dan dipadukan dengan sayuran-sayuran.

    Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat bubur pedas ini yaitu kangkung, daun pakis, kentang, jagung, kunyit, dan daun kesum yang memang hanya ada di Kalimantan barat. Daun kesum yang memberikan aroma yang khas dan menggugah selera.

  3. Makanan khas Kalimantan Barat yang satu ini memiliki nama yang unik, yaitu “Ale-ale”. Ale-ale adalah makanan khas daerah Ketapang Kalimantan Barat. Terbuat dari hewan laut sejenis kerang.Makanan ini biasanya hanya terdapat di daerah Ketapang saja karena ale-ale banyak terdapat di perairan Ketapang. Kerang biasanya banyak ditemukan di daerah-daerah lain, tapi untuk Ale-ale ini hanya ada di daerah Ketapang Kerang Ale-ale bahkan menjadi maskot kota Ketapang lho..

    Kuliner Ale-ale sangat mudah dibuat, hanya dengan merebus ale-ale sampai empuk lalu dicampur dengan bumbu-bumbu sesuai selera kamu. Ketapang biasanya dibumbui dengan serundeng atau bumbu-bumbu lain seperti asam manis, dan masih banyak lagi sesuai keinginan kamu.

  4. Kuliner Kalimantan Barat didominas oleh pedagang-pedagang dari China. Sehingga jangan heran kalau banyak makanan Kalimantan Barat yang memiliki nama kecina-cinaan.Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang terdengar kecina-cinaan adalah Kuliner Kwetiau sudah populer di berbagai daerah. Namun, di daerah Kalimantan Barat, kwetiaunya berbeda karena menggunakan kuah. Kwetiau merupakan sejenis mie yang berasal dari China.

    Warna mie kwetiau berwarna putih dan ramping yang terbuat dari tepung beras. Kwetiau khas Kalimantan Barat memang berbeda dari kwetiau lainnya karena dicampur dengan kuah yang dicampur bumbu-bumbu khas Kalimantan Barat ditambah dengan ayam suir dan saus tiram yang menggugah selera.

    Sehingga banyak digemari oleh penduduk setempat bahkan turis asing.

Leave a Comment