manfaat buah pisang untuk ibu hamil

6 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

MANFAAT BUAH PISANG – Setiap jenis dari buah-buahan memang punya kandungan nutrisi dan vitamin yang berbeda-beda.

Setiap vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh juga memiliki manfaatnya masing-masing terhadap kesehatan, salah satunya adalah buah pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti vitamin A, potassium, asam folat, vitamin B kompleks, serat, kalsium, kalium, magnesium dan yang lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, buah pisang juga merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang baik dan memiliki nutrisi yang sangat bagus untuk ibu hamil dan kandungannya.

Selain bagus apabila digunakan untuk diet, buah yang satu ini juga sangat nikmat apabila dijadikan sebagai camilan.

Salah satu lembaga kesehatan nasional institut menyerankan untuk para ibu hamil supaya mengkonsumsi 3-4 porsi buah pisang setiap harinya.

Selain karena nutrisi di dalamnya yang sangat dibutuhkan oleh sang ibu dan janin, buah pisang dengan ukuran sedang juga memiliki kandungan 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah pisang, simak ulasannya:

  • Mengurangi Dampak Morning Sickness

Ibu hamil pada umumnya akan sering merasa mual ataupun muntah- muntah ketika pagi hari menjelang, terutama pada masa-masa trimester kehamilan yang pertama.

Nah, kondisi tersebut biasanya dikenal dengan sebutan morning sickness.
Untuk cara mengatasinya, kamu dapat menghilangkan rasa mualnya dengan cara mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

  • Membantu Perkembangan Syaraf dan Otak Janin

Tidak hanya itu saja, kandungan zat asam folat yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk membantu proses perkembangan syaraf dan otak si janin.

Selain itu, unsur asam folat tersebut juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya bayi lahir cacat ataupun prematur.

  • Mampu Mengatasi dan Mencegah Penyakit Anemia

Salah satu dari sekian banyak gangguan kesehatan yang sering terjadi ketika seorang wanita sedang hamil adalah anemia, alias kekurangan darah.

Dampak dari anemia, pengaruhnya adalah bisa memberikan resiko yang buruk pada ibu hamil dan janinnya. Karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya komplikasi pada proses persalinan, maupun setelahnya.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, saran dokter ialah mengkonsumsi buah pisang, karena di dalam kandungannya terdapat unsur zat besi yang dapat berperan untuk membantu proses produksi sel darah merah.

buah pisang untuk kesehatan
pexels.com
  • Membantu Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan

Di dalam kandungan buah pisang, terdapat suatu serat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah gangguan pencernaan pada ibu hamil, misalnya seperti wasir, sembelit ataupun masalah susah buang air besar.

Di samping itu, kandungan serat yang terdapat di dalamnya juga bisa berperan sebagai obat untuk menyehatkan organ-organ pencernaan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Buah pisang juga memiliki kandungan unsur serat, serta komponen mineral yang baik di dalamnya, misalnya seperti kalsium, kalium, dan magnesium.

Rutin mengkonsumsi buah pisang setiap hari dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga proser metabolisme bisa berlangsung jauh lebih cepat, dan dapat menurunkan berat badan setelah melahirkan secara optimal.

  • Menjaga Kesehatan Tulang Ibu dan Janinnya

Buah nikmat yang satu ini juga memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Dimana kandungan kalsium tersebut bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan janin.

Dengan kata lain, kalsium yang terdapat di dalam buah pisang bisa mencegah kelainan struktur pada tulang si janin. Serta dapat mencegah terjadinya gangguan tulang bagi sang ibu.

Walaupun buah pisang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk ibu hamil, tetapi bagi setiap ibu juga dianjurkan untuk tetap menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi aneka minuman & makanan yang bernutrisi tinggi.

Serta anjuran untuk menjalankan pola hidup sehat, beristirahat secara teratur (baik itu waktu dan porsinya), dan tidak malas untuk bergerak.

Semua hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, serta supaya bisa memperlancar proses persalinan nantinya.

Artikel menarik untuk bunda: Manfaat madu penyubur kandungan untuk mempercepat kehamilan.

Leave a Comment