panahan untuk kesehatan

Manfaat Panahan Bagi Kesehatan Tubuh Kita, Luar Biasa!

Manfaat Panahan – Olahraga panahan tak ayalnya menjadi olahraga sosial yang dapat dilakukan setiap orang tanpa terkecuali. Menjadi olahraga sosial, panahan pun sering kali disebut olahraga panjat sosial mengingat tak sedikit yang menggandrunginya.

Lebih dari sekedar olahraga sosial maupun panjat sosial, olahraga panahan rupanya memberikan manfaat fisikis dan sikologis bagi yang memainkannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui olahraga panahan :

#1. Meningkatkan koordinasi tangan dan jari

Membidik, memanah, dan olahraga panahan tak urungnya melatih koordinasi sikomotorik jari dan tangan Anda untuk terampil secara bersamaan. Dengan membidik dan memanah, tangan dan jari Anda dilatih untuk terampil melepaskan panah secara berirama guna melepaskan panah tepat di sasaran target.

#2. Meningkatkan keseimbangan dan fokus

Keseimbangan dan kefokusan menjadi hal yang terpenting dalam olahraga memanah. Melalui keseimbangan memanah yang biasa diperlukan dalam menahan tubuh untuk membidik dan melepaskan busur, Anda sudah berlatih mengontrol keseimbangan sekaligus kefokusan Anda untuk melesatkan panah tepat di sasaran target.

Selain itu, dengan memfokuskan diri terhadap sasaran target, Anda telah berusaha untuk menyingkirkan segala distraksi yang ada di lingkungan Anda untuk tetap berkonsentrasi penuh terhadap sasaran target Anda.

#3. Membangun kekuatan tubuh

Menarik busur dengan gerakan menempatkan tekanan pada otot tangan, otot dada, otot bahu, dan punggung tak kurangnya melatih kekuatan tubuh bagian atas Anda dalam olahraga panahan.

Meskipun hanya menarik busur dan menahan dalam beberapa detik sebelum melepaskannya, sejatinya Anda telah melatih kekuatan otot tubuh bagian atas Anda sebagaimana bila Anda melakukan pengulangan terhadap gerakan tersebut dalam olahraga panahan.

Kiranya perlu menjadi catatan bilamana Anda ingin mencoba olahraga yang satu ini. Anda perlu berlatih secara rutin guna mendapatkan kebermanfaatan dari olahraga yang satu ini selain daripada sebuah trendy tersendiri.

Dan yang paling penting yaitu berlatihlah dengan orang yang ahli alias instruktur panahan supaya mencegah hingga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat Anda mencoba olahraga panahan yang satu ini. Selamat mencoba!

Leave a Comment