layangan gapangan super besar

Cerita Masa Kecil, Membuat Layang-layang Bapangan

Bermain layang-layang adalah hal yang menyenangnkan, layang-layang termasuk kedalam permainan tradisional yang hampir punah saat ini. Kemajuan teknologi yang pesat serta kemudahan yang diberikan membuat anak-anak lebih suka dengan permainan virtual.

bermain layangan masa kecil
udinnews.wordpress.com

Dulu aku bermain layang-layang tiap bulan mei hingga bulan agustus karena pada saat bulan itu angin mengarah ke barat dan timur, jadi sangat cocok bagi yang ingin bermain layang-layang.

Pada saat taman kanak-kanak aku belum bisa menerbangkan layang-layang, jadi aku hanya berlari-lari sambil membawa layang-layang, tak lama kemudian aku diajari kakakku bagaimana cara bermain layang-layang sehingga sedikit demi sedikit aku bisa melakukannya.

Mencoba Membuat Layang-layang

jago menerbangkan layangan
youtubeku.com

Barulah pada saat sekolah dasar aku sudah jago menerbangkan layang-layang, setelah bisa menerbangkkanya aku mulai membuat layang-layangku sendiri. Pertama aku membuat layang-layang yang kecil, atau sering disebut dengan layang-layang petekan.

Awalnya gagal, karena bambu yang gunakan terlalu tebal sehingga tidak bisa terbang, untuk percobaan berikutnya dan berikutnya lagi barulah aku tahu seberapa tebal dan seberapa tipis bambu untuk layang-layang agar bisa terbang dengan baik.

Membuat Layang-layang Gapangan

layangan gapangan super besar
kimsariwarto.com

Setelah berhasil membuat layang-layang petekan, aku mencoba mebuat layang-layang besar yang biasa disebut dengan Layang-layang Bapangan. Cara membuat layang-layang yang satu ini cukup sulit walaupun hanya untuk membuat layang-layang Bapangan yang sederhana.

Bahan yang diperlukan:
  1. Bambu
  2. Golok dan pisau
  3. Sampul
  4. Tali
  5. Lem
Cara Membuat Layangan Gapangan:

Pertama kita belah bambu menjadi kecil-kecil , kemudian kita tipiskan sampai dengan ukuran yang sesuai, disini kita harus pandai menentukan seberapa tipis, karena ini sangat mempengaruhi layangan bisa terbang atau tidak, jika terlalu tipis layangan bisa patah, jika terlalu tebal maka layangan tidak akan bisa terbang.

menghaluskan bambu kerangka layangan
kaskusboneng.blogspot.com

buatlah sembilan bagian dengan ukuran yang berbeda-beda, dan jangan lupa bambunya di haluskan agar terlihat rapi dan juga tidak melukai kita. Setelah terkumpul kesembilan bambu tadi kemudian kita rangkai kerangkanya, satukan satu persatu dan diikat dengan menggunakan tali.

kerangka layangan gapangann
azhies49.blogspot.com

Kita rangkai mulai dari yang teratas kemudian baru yang kebawah, jika kerangkainya sudah jadi maka tinggal memberi sampul dan menempelkannya dengan lem. Untuk memberi sampul kita bisa membuatnya seunik mungkin, jadi kita harus mengkombinasikan warna-warna sampul agar terlihat bagus.

Setelah selesai menghiasi layanganya barulah kita coba untuk menerbangkan layangan, kita coba dilapangan karena luas untuk percobaan.

Jika layangan kita ingin diberi bunyi-bunyian atau yang biasa saya sebut dengan “Sendaren”, maka kita terlebih dulu cari serabut kantung beras atau pita kaset dan juga bambu yang sudah di serut tipis dengan lebar 1 cm. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

bunyi-bunyian pada layangan
p4honjean.wordpress.com

Jika sudah selesai membuat sendarennya maka kita tinggal pasang pada bagian atas layangan yang berbentuk segitiga, kita tinggal memasukkannya saja.

Pada saat pertama kali buat layangang gapangan, layanganku tidak bisa terbang karena memang babmbu yang digunakan terlalu tebal, setelah itu mencoba untuk yang kedua kalinya dan lagi-lagi gagal juga karena bambu terlalu tipis.

Sehingga saat di udara karena angin terlalu kencang membuat layangan patah dan jatuh. Tapi aku tidak menyerah disitu saja. Aku membuat layangan yang ketiga kalinya.

Pada layangan yang aku buat untuk ketiga kalinya ini berhasil diterbangkan, mungkin karena belajar dari pengalaman sebelumnya atau memang kebetulan saja hehehe 😀

Layangan pun berhasil terbang dengan tinggi, rasa senang dan bangga menjadi satu. Tapi sayang layangan yang aku buat bukan layangan yang super besar, jadi tarikannya kurang begitu kuat.

Biasanya kalau layangan yang super besar itu untuk menerbangkkannya membutuhkan lebih dari satu orang, jika cuma satu orang saja yang menerbangkan bisa-bisa orang itu terbawa oleh layangan. Karena memang layangan seperti itu tarikannya sangat kuat sekali.

Aku juga sering menerbangkan layangan sampai 1 hari 1 malam, biasanya melakukan hal itu saat angin mengarah keutara, karena angin yang mengarah keutara anginnya kencang dan bertahan lama.

Karena kalau tidak kencang di biarkan terbang 1 hari 1 malam kita tidak tahu apakah layangan masih terbang atau sudah jatuh, karena kita kan juga tidur.

3 thoughts on “Cerita Masa Kecil, Membuat Layang-layang Bapangan

  1. Ngomongin layangan jadi ingat masa kecil. saya juga suka main layangan Mas. Jaman dulu beli layangan cuma 25 perak. Hihihi, seneng deh, walaupun suka baper kalau putus layangannya.
    Tapi layangan saya dulu sederhana saja.
    Kalau liat layangan bentuknya macam-macam,sukaaa, bagus dilihat dari bawah.

Leave a Comment