penelitian kuantitatif

Jenis-jenis Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-jenis penelitian kuantitatif – Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang tidak terlalu mementingkan kedalaman suatu data, penelitian kuantitatif tidak mengacu pada seberapa dalam data tersebut, yang terpenting bisa untuk merekam data sebanyak mungkin dari populasi yang ada, sehingga menemukan hasil yang kita cari.

penelitian kuantitatif
a2ua.com

Meskipun populasi yang besar, akan tetapi mudah untuk bisa dilakukan suatu analisis, baik itu menggunakan rumus-rumus statistik ataupun menggunakan komputer, akan tetapi disini teori atau rancanganlah yang menjadi kunci utama suksesnya suatu penelitan.

jadi untuk memecahkan masalah didominasi dengan peran pendekatan dedukatif, yaitu peran yang berangkat dari permasalahan umum ke hal yang khusus, maka untuk itu penelitian ini haruslah mempunyai landasan teorinya.

Pengertian Teori Menurut Sugiyono (2008)

Menurut Sugiyono, teori merupakan kumpulan konsep, proposisi, definisi dan juga variabel yang mana keterkaitannya antara satu dengan yang lainnya secara sistematik telah berhasil di generalisasikan, sehingga bisa menjelaskan dan juga memprediksi fenomena dan fakta tertentu.

Ada beberapa motede atau jenis peneletian yang digunakan dalam peneletian kuantitatif menurut beberapa ahli, jenis-jenis atau metode peneletian kuantitatif menurut beberapa ahli ini diantaranya sebagai berikut:

1. Metode Deskriptif

pencarian fakta deskritptif
huffingtonpost.com

Menurut Whitney pada tahun 1960, meto deskriptif merupakan suatu pencarian fakta menggunakan interpretasi yang tepat. Penelitian ini memepelajari mengenai masalah-masalah yang ada dalam masyarakat, dan juga tata cara yang digunakan dalam salam masyarakat serta di dalam situasi-situasi tertentu.

Termasuk mengenai hubungan kegiatan, pandangan, sikap, dan juga proses-proses yang dapat berpengaruh dalam suatu fenomena yang terjadi. Penelitian deskriptif ini merupakan jenis metode penelitian yang menggambarkan suatu objek dan subjek yang sedang diteliti dengan apa adanya tanpa melakukan rekayasa.

2. Metode Komparatif

2 variabel dalam penelitian kuantitatif
pic.nfbs.or.id

Metode ini sering digunakan dalam melakukan penelitian yang mengarah untuk diketahui apakah 2 variabel terdapat perbedaaan di dalam suatu aspek yang sedang diteliti. Di dalam penelitian tidak terjadi manipulasi dari peneliti, sehingga datanya benar-benar akurat.

Penelitian dilakukan sealami mungkin, dengan melakukan pengumpulan data dengan suatu perintah. Setelah itu hasilya dapat dianalisis secara statistik untuk mencari suatu perbedaan variabel yang sedang diteliti.

3. Metode Korelasi

Metode Korelasi merupakan metode penekitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan dua atau lebih sejumlah fakta dan juga sifat-sifat objek kita yang sedang diteliti.

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan antara persamaan dengan perbedaan 2 atau lebih fakta berdasakan kerangka pemikiran yang sudah ada sehingga hasilnya dapat terlihat dengan jelas.

4. Metode Survei

metode survei pada penelitian kuantitatif
viralnovelty.net

Menurut Zikmund pada tahun 1997, “metode penelitian survei merupakan metode di dalam suatu bentuk dari suatu  teknik penelitian yang mana informasinya ini di kumpulakan dari beberapa sampel berupa orang, mengumpulakannya dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang di jawab langsung oleh orang tersebut”.

Menurut Gay dan Diel di tahun 1992 “meotde penelitian survei adalah metode yang penggunaannya sebagai kategori umum didalam penelitian yang berlangsung menggunakan kuesioner dan wawancara”.

Sedangkan menurut Bailey di tahun 1982, “metode penelitian surveu merupakan satu metode penelitian yang mempunyai teknik pengambilan data berupa pertanyaan secara tertulis maupun lisan”.

5. Metode Ex Post Facto

Metode ini merupakan metode yang sering digunakan untuk penelitan yang sedang meneliti hubungan antara sebab dan akibat yang tidak dapat dimanipulasi oleh peneliti.

Adanya hubungan diantara sebab dan akibat ini berdasarkan atas kajian teoritis, jika suatu viariabel tertenu dapat mengkibatkan variabel tertentu yang lain.

6. Metode True Experiment

penelitian kuantitatif metode true experiment
wilsoncenter.org

Metode ini ditakan true experiment atau eksperimen yang sebenar-benarnya karena didalam rancangan penelitian ini kita bisa mengotrol semua variabel luar yang ada yang dapat mempengaruhi jalannya suatu eksperimen.

Dengan hal ini validitas internal atau kualitas pelaksanaan suatu rancangan penelitian bisa menjadi tinggi tingkat suatu keberhasilannya.

Ciri-ciri utama dari true experimental adalah jika sampel yang digunakan untuk melakukan eksperimen maupaun sebagai kelompok yang mengontrol dapat diambil secara acak dari populasi tertentu, jadi hal imi terjadi karena adanya kelompok yang mengtro dan sampel yang telah dipilih secara acak.

7. Metode Quasi Experiment

Metode Quasi Experiment mempunyai bentuk rancangan eksperimen melalui hasil pengembangan dari true experimental design, yang sangat sulit untuk dilaksanakan.

Desain atau rancangan mempunyai kelompok kontrol yang dapat membantu proses penelitian, akan tetapi tidak bisa berfungsi sepenuhnya karena untuk mengontrol variabel-variabel luar yang masih mempengaruhi pelaksanaan eksperimen.

8. Metode Subjek Tunggal

metode tunggal dalam penelitian kualtitatif
albumarium.com

Merupakan eksperimen dengan subjek tunggal atau sering disebut dengan “single subject experimental” yang mana eksperimen ini biasa dilakukan terhadap subjek dengan jumlah tunggal saja.

Demikian tadi kita telah membahas mengenai  Jenis-jenis penelitian kuantitatif atau metode penelitian kualitatif yang semoga dapat bermanfaat bagi kita. Baca juga artikel saya mengenai jenis penelitian kualitatif yang telah kita bahas secara lengkap dan juga jelas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment