Pengertian, Karakteristik dan Jenis-jenis Pasar Persaingan Tidak Sempurna

pengertian pasar oligopoli

Pasar Persaingan Tidak Sempurna – Wah, judul di atas sok manusiawi ya? Memangnya manusia yang tidak sempurna? Eh… itulah yang justru akan saya bahas, yaitu tentang pasar persaingan tidak sempurna. Ternyata, tidak hanya manusia lho yang tidak sempurna, namun begitu pula dengan pasar! Canda deh!

pasar persaingan tidak sempurna
yilmazlarsogutma.com

Disini nanti kita akan membahasa pasar persaingan tidak sempurna, ada juga yang namanya pasar persaingan sempurna yang akan kita bahas dipertemuan selanjutnya. Pesar persaingan ini merupkan materi yang sering dibahas pada mata pelajaran IPS, khushnya Ekonomi. Pasti kalian sering mendengernya.

Penjelasan mengenai pasar persaingan tidak sempurna ini memang cukup banyak, disini kita akan membahasnya secara singkat tetapi lengkap dan jelas. Dan buat kamu yang sedang ada tugas materi ini, maka sangat beruntung karena bisa membaca tulisan ini, karena disini membahasnya secara tuntas tak sekedar melintas.

Okelah, yuk mari kita bahas soal pasar persaingan tidak sempurna! Pasar persaingan tidak sempurna merupakan ciri khas pasar di mana hanya ada satu atau beberapa penjual saja yang menguasai pasar, dengan produk yang ditawarkan cenderung homogen.

Kesannya, pembeli tidak punya banyak pilihan penjual untuk barang yang akan dibelinya. Pasar persaingan tidak sempurna ini dibagi menjadi beberapa jenis.

1. Pasar monopoli

pasar monopoli tidak sempurna
followmyvote.com

Monopoli sendiri terdiri dari kata ‘mono’ yang memiliki arti satu, dan ‘poli’ yang berarti penjual. Sesuai namanya, pasar ini hanya dimonopoli oleh satu penjual saja sehingga pembeli sungguh-sungguh tidak punya pilihan pedagang lain selain satu-satunya pedagang tersebut.

Sebagai penentu harga atau sering disebut dengan price-maker, seorang monopolis kapan saja bisa menaikan dan juga mengurangi harga barang dengan menentukan jumlah barang yang diproduksi. Semakin sedikit jumlah barang yang diproduksi, maka akan semakin mahal pula harga barang tersebut, begitu juga sebaliknya.

Meskipun demikian, penjual memiliki suatu keterbatasan di dalam penetapan harga barang. Jika penetapan harga barang terlalu mahal, bisa jadi orang akan menunda pembelian bahakan orang tersebut berusaha mencari atau membuat barang subtitusi atau pengganti dari produk tersebut.

Dan yang lebih buruk lagi dari itu mereka akan mencari barang di pasar gelap atau yang lebih populer disebut dengan black market.

Selain soal satu penjual saja yang menguasai pasar, model pasar yang satu ini juga diisukan tidak menyediakan barang pengganti. Wah, repot juga ya?

2. Pasar oligopoli

pengertian pasar oligopoli
kqed.org

Jenis pasar yang satu ini berbeda dengan pasar monopoli. Pasar oligopoli merupakan pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Eits, namun begitu, jumlah barang yang ditawarkan tetaplah homogen alias satu jenis barang saja.

Pasar oligopoli biasanya dilakukan sebagai bentuk upaya untuk menahan perusahan lain yang berpotensial agar bisa memasuki pasar. Selain itu pasar oligopoli merupakan sebuah usaha biasa digunakan untuk menikmati laba normal di bawah tingkatan tertinggi dengan melakukan penetapan pada harga jual yang terbatas.

Sehingga akan menyebabkan kompetisi yang ada pada harga di antara pelaku usaha yang telah melakukan praktik pasar oligopoli menjadi tidak ada.

Terbatas sekali ya? Contoh dari produk pasar oligopoli adalah produk pasta gigi, batu baterai, sabun mandi, sepeda motor, air minum mineral, ban mobil atau sepeda motor, dan accu.

3. Pasar monopolistis

pasar monopolistis
philschatz.com

Nah, berbeda dengan kedua jenis pasar di atas, pasar monopolistis mengusung tema beberapa produsen hadir untuk menghasilkan beberapa jenis barang yang berbeda. Jadi, jenis pasar ketiga ini kelihatannya agak ‘asyik’ ya dibanding kedua pasar di atas!

Karena di pasar monopolistis ini setiap barang yang dihasilkan memiliki karakteristik yang berbeda-beda meskipun dari barang yang serupa. Disini produsen mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar, tetapi pengaruh tersebut tidak terlalu besar dibandingkan dengan pasar monopoli dan oligopoli.

4. Pasar oligopsoni

persaingan pasar oligopsoni
Solopos.com

Pasar oligopsoni cenderung punya beberapa pembeli sehingga pembeli yang seolah-olah menguasai keadaan pasar. Dengan jumlah penjual banyak yang tidak sebanding dengan jumlah pembeli yang hanya beberapa, otomatis pembeli punya peranan besar dalam pasar dong?

Keempat jenis pasar di atas merupakan jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna. Bagaimana menurut kalian? By the way, saya sertakan pula deh kelebihan dan kelemahan pasar persaingan tidak sempurna secara umum. Yuk, kita bahas!

pasar persaingan tidak sempurna
travelchannel.com

Kelebihan pasar persaingan tidak sempurna adalah soal perkembangan pasar itu sendiri. Jika dibiarkan terus memproduksi barang-barang yang homogen, produsen pun punya spesialisasi produk sehingga dapat membuatnya berkembang dengan lebih baik.

Tahu kan, bahwa orang yang sukses adalah orang yang punya ciri khas dan dapat mengembangkannya? Begitu juga dengan pasar persaingan tidak sempurna. Namun begitu, tetap saja ada sisi kelemahan dalam pasar persaingan tidak sempurna.

Apa itu? Dengan posisi homogenitas dan jumlah penjual yang cenderung sedikit, para penjual bisa jadi punya sikap mental negatif. Ketika seseorang dibiarkan berkembang tanpa pembanding, lama-kelamaan perkembangannya tidak akan semaju orang lain yang terbiasa berkompetisi dengan lawan lainnya.

keuntungan persaingan tidak sempurna
huffingtonpost.com

Sedangkan di pasar persaingan tidak sempurna? Penjual hanya dihadapkan pada persaingan yang enteng, tidak terlalu banyak saingan, sehingga mungkin saja daya juangnya menjadi kendor dan tidak sekuat para penjual di pasar persaingan sempurna.

Kelemahan lainnya adalah soal memperbaiki kualitas produk. Jika jarang menemukan kompetitor, bagaimana para penjual bisa mengembangkan produknya?

Biasanya, beberapa produk dikembangkan dengan inovasi-inovasi dan kreativitas ketika melihat produk lain lebih unggul. Namun jika produsen bisa dihitung dengan jari, cenderung sulit untuk melakukan inovasi terhadap produk.
Bagaimana menurut teman-teman tentang pasar persaingan tidak sempurna?

Oke, cukup sampai disini pembahasan kita mengenai pasar persaingan tidak sempurnanya, dipertemuan yang akan datang simak juga ya, karena kita akan melanjutkan materinya mengenai pasar persaingan sempurna. Sekian dari saya, terima kasih atas partisipasinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *