Paskibraka Pertama dan yang Terakhir

paskib

Siapa yang tidak tahu Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang bertugas mengibarkan bendera pusaka pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa ini. Tentu semuanya sudah tahu, di sini saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya menjadi Paskibraka.

korem143.kodam-wirabuana.mil.id
korem143.kodam-wirabuana.mil.id

Di pertengahan smp kelas 2, saya di tunjuk oleh guru saya untuk di beri amanah menjadi salah satu pasukan pengibar bendera, tentu saya sangat antusias untuk menyambut kemerdekaan bangsa ini di tambah lagi, saya menjadi salah satu petugas di acara yang di tunggu-tunggu tersebut.

Alasan saya di tunjuk karena memang sebelumnya saya ikut serta dalam kegiatan-kegitan Pramuka, salah satunya Pasukan Baris Berbaris (PBB). Jadi saya sudah siap bila di tunjuk untuk menjadi pasukan pengibar bendera.

Pelatihan Singkat

waktu yang singkat
gemmagazine.ca

Hanya di berikan waktu 2 hari saja untuk melakukan latihan, masih teringat dulu waktu penunjukan di hari jumat, dan hari senin adalah peringatan hari kemerdekaanya, jadi kami berlatih pada hari sabtu dan minggu, tentunya itu waktu yang sangat singkat untuk kami. Harus bersemangat agar semua sesuai dengan harapan.

Kerja Keras dan Konsentrasi

konsentrasi
7-themes.com

Mengingat waktu yang di berikan sangat singkat, kami harus bekerja keras untuk membentuk kekompakan, karena yang di lihat dari bagus atau tidaknya baris-berbaris adalah kekompakan. Untuk itu kami harus bekerja keras dan juga konsentrasi.

Tapi yang namanya amatiran seperti kami ini tentu masih banyak kesalahan, misalnya seperti ketika di beri aba-aba untuk berhenti, masih saja ada yang gerak jalan, ada juga yang ketika di beri aba-aba serong kanan, responnya lambat.

Yang terparah malah ada yang ngobrol sehingga pelatih kami pun marah, marah bukan hanya kepada orang yang mengobrol tapi juga kepada kami semua, memang di sini harus di perlukan keseriusan dan komitmen. Jika tidak maka yang kena imbasnya adalah kesemua orang.

Meminjam Seragam

seragam paskib
harapanrakyat.com

Karena puhak sekolah tidak menyediakan seragam untuk paskibraka, maka kami kebingungan untuk mencari seragam yang akan kami minggunakan. Kami mencari kesana kemari untuk meminjam seragam, jadi ketika sehari sebelum hari H, tepatnya di sore hari, kami meminjam kepada kakak-kakak kelas kami.

Tentunya sudah punya enak, sedangkan yang seperti saya ini ? kenalan kakak kelas saja tidak punya, mau pinjam ke siapa ?

Benar-benar di buat bingung dengan itu, pasal nya sekolahan hanya menyedian properti untuk perlengkapan bertugas saja, seperti kopiah, bendera, pin dan lain-lain.

Alhamdulillah, menjelang maghrib akhirnya saya bisa mendapat pinjaman, walau sedikit kebesaran tapi tidak mengapa, sudah sangat bersyukur. Setelah itu saya pulang untuk beristirahat dan menyiapkan hari esok.

Hari yang Menegangkan

menegangkan
sitaro.wordpress.com

Hari yang di tunggu-tunggu namun menegangkan ini pun datang, saya bersiap berangkat sekolah untuk melaksanakan tugas saya, karena upacara kemerdekaan memang di adakan di dekat sekolahanku, tepatnya desa Mengandung sari.

Sesampainya di sekolahan saya bersiap dan mengenakan properti yang telah di sediakan, sungguh sangat gugup dan gemetar tubuh ini, karena itu pertama kalinya menjadi Paskibraka, jadi wajar saja, apa lagi di tambah peserta yang banyak.

Peserta yang hadir dari beberapa sekolah di tambah warga sekitar dan juga beberapa komunitas, jadi dalam lapangan banyak sekali orang yang mengikuti upacara kemerdekaan ini.

Upacara Kemerdekaan di Mulai

siagangawi.com
siagangawi.com

Saat-saat menegangkan akhirnya di mulai, cukup gemetar tubuh ini, namun dengan adanya semangat tidak ada yang bisa menghentikan saya. Kami bersiap untuk menunggu bagian kami.

Sekitar 30 menit kemudian barulah giliran kami di mulai, kami sangat berkonsentrasi, dan kamipun mulai bergerak. Benderapun sudah berkibar, dan kami kembali menuju barisan kami sebelumnya.

Sungguh aneh memang, ketika belum di mulai saya sangat gemetaran, namun ketik berada di lapangan rasa takut, gemetar itu menghilang, yang ada hati kami terbakar oleh semangat para Pahlawan yang telah memerdekakan bangsa ini.

Sesi Foto Bersama

foto bersama
lampost.com

Setiap momen yang keren memang harus di abadikan, hal yang positif memang bagus untuk di kenang, sesi foto bersama menjadi penutup rangkaian perjalanan menjadi Paskibraka untuk yang pertama dan yang terakhir, karena memang setelah itu saya tidak ikut lagi dalam kegiatan Baris-berbaris.

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *