Pengertian Pelayaran Hongi dan Pelaksanaannya

Pelayaran Hongi – Pernahkah kamu mendengar mengenai “Pelayaran Hongi” saat di sekolah? Mungkin kebanyakan dari kamu mengetehauinya saat di bangku SMP, teteapi yang menjadi pertanyaan sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan pelayaran hongi?

sejarah pelayaran hongi
mediasejarahchoy.blogspot.co.id

Mungkin hanya sedikit dari kita yang tahu mengenai hal ini, karena memang materi serta sumber sejarah dari pelayaran hongi sangat minim sekali, bahkan materi di internetpun hanya beberapa saja yang membahas mengenai pelayaran hongi.

Di dalam pembelajaran kali ini kita akan mempelajari mengenai sejarah pelayaran hongi, pengertian pelayaran hongi serta apa yang dimaksud dengan pelayaran hongi dan juga tujuan dari pelayaran hongi. Baik kita mulai saja materi mengenai pelayaran hongi di bawah ini:

Sejarah Lengkap Pelayaran Hongi

pelayaran hongi dan sejarahnya
eduspensa.com

Later belakang dan awal mula terbentuknya Pelayaran Hongi di prakarsai oleh VOC, pada saat itu cengkeh serta pala merupakan komoditas yang unik. Keduanya sangat dibutuhkan tetapi lama kelamaan menjadi langka dikarenakan sulitnya akses ke daerah penghasil rempah-rempah yaitu Malaka.

Karena itulah rempah-rempah menjadi barang yang bisa di bilang setara dengan emas. Karena itulah Indonesia menjadi buruan para bangsa Eropa untuk di jajah.

Dari hal diatas VOC (Vereenigde Oostindiche Compagnie) telah sadar. Mereka pun berinisiatif untuk melakukan monopoli terhadap rempah-rempah serta membatasi produksinya.

Secara otomatis banyak yang melawan kebijakan dari VOC ini. Tetapi VOC tidak mau diam, mereka mengancam jika para penguasa setempat ada yang tidak mau menjual rempah-rempahnya kepada mereka, maka akan dibunuh.

Kemduain pada Tahun 1621, Gubernur Jendral Jan Pieterzoon Coen mengirimkan armada dari Batavia menuju ke Banda untuk menghancurkan masyarakat disitu karena mereka tidak mau menerima kebijakan VOC.

Tujuan Pelayaran Hongi Bangsa Belanda (VOC)

tujuan belanda
edpulungan.blogspot.co.id

Colonialism and its Aftermath in the Nutmeg Islands, Williard A Hanna dalam Indonesia Banda (1991) telah menyebutkan jika pasukan VOC yang terdiri atas 1.655 orang Eropa (150 meninggal dalam perjalanan) kemudian ditambah dengan 250 orang dari garnisun di Banda.

Jadi sebanyak 286 orang Jawa dijadikan pengayuh kapal. Selain itu juga, terdapat hingga 80-100 orang Jepang, beberapa di antaranya merupakan algojo pemenggal kepala.Tetapi, perlawanan rakyat Banda dapat dipatahkan.

Kemudian semua pimpinan Banda dibunuh dan sebagian rakyat dibawa ke Batavia untuk kemudian dijual sebagai budak. Jumlah seluruh dari warga Banda yang dibawa ke Batavia mencapai lebih dari 800-an orang, terdiri dari 287 pria, dan 356 perempuan, serta 240 anak-anak. Sebanyak 176 orang meninggal saat perjalanan.

Belanda juga menyingkirkan pesaing-pesaing mereka dari Eropa, seperti Portugis, Spanyol, serta Inggris dengan kejam. Pada 1623, 2 tahun setelah pembantaian rakyat Banda, para pedagang dari Inggris juga dibantai oleh serdadu bayaran VOC.

Setelah kejadian tersebut, Belanda semakin menjadi saja, mereka kemudian mengirimkan armada laut yang dilengkapi dengan senjata yang bertujuan untuk menghancurkan tanaman cengkeh warga.

Pengertian dan Tujuan Pelayaran Hongi

tujuan dari pelayaran hongi
sejarahindonesiasmp5pati.blogspot.co.id

Dari latar belakang yang telah dijabarkan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa pelayaran hongi merupakan suatu sistem keamanan khusus yang telah dibentuk dan dilakukan oleh Belanda (VOC).

Yang bertugas untuk menjaga, mengawasi serta mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pedagang yang mencari rempah-rempah di nusantara.

Tujuan Pelayaran Hongi

  1. Menjadi pengawas jalannya perdagangan monopoli
  2. Mengawasi perdagangan rempah – rempah di Nusantara khusunya Maluku
  3. Memusnahkan produksi dari rempah-rempah yang berlebihan
  4. Mempertahankan jalanya sistem monopoli agar terus berjalan

Dampak Pelayaran Hongi

dampak positif dan negatif pelayaran hongi
mahasiswa.ung.ac.id

Pelayaran hongi mempunyai dampak positif serta negatif. Dampak negatif pelayaran hongi ini diantaranya adalah menjadikan VOC Belanda semakin berkuasa serta mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Selain itu juga jumlah pohon yang berada di maluku semakin berkurang karena pembakaran (ekstirpasi) yang telah dilakukan oleh belanda saat pelayaran hongi, serta monopoli perdagangan yang semakin menggila.

Dampak positif dari pelayaran hongi adalah masyarakat Nusantara semakin mengetahui dari kelicikan bangsa Belanda serta mulai tumbuh rasa kebersamaan untuk melawan bangsa Belanda (VOC).

“Oh seperti itu sejarah pelayaran hongi” Ya, entah bagaimana mengenai gambaran keadaan bangsa Indonesia saat diterapkanya pelayaran hongi tersebut. Tetapi sekarang kita dapat mempelajarinya serta menjaga kemerdekaan Indonesia.

Demikian tadi pembahasan secara singkat mengenai pelayaran hongi (VOC), semoga bermanfaat. Sekian dari kami dan terima kasih.

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *