Pengertian dan Manfaat Permainan Tradisonal Menurut Para Ahli

Pengertian Permainan Tradisonal – Perkembangan di zaman yang begitu pesat serta perkembangan teknologi tanpa di bekali ilmu pengetahuan, perlahan-lahan membuat mereka mulai menggeser permainan tradisonal yang ada.

permainan tradisonal di Nusantara
merahputih.com

Saat ini jarang sekali kita temukan anak-anak yang bermain permainan tradisional seperti permainan petak umpet, congklak, egrang, ular naga panjang, layang-layang, kelereng, bentengan, kasti, balap karung, dan permainan tradisional yang lainnya.

Sangat memperihatinkan melihatnya seperti ini, padahal permainan tradisional itu termasuk kekayaan budaya yang di miliki oleh bangsa Indonesia, seharusnya hal ini bisa kita manfaatkan sebagai pembelajaran.

Pada dasarnya permainan tradisonal mempunyai ciri-ciri dari asal daerahnya sesuai dengan tradisi yang ada. Oleh sebab itu, sebenarnya dalam permainan tradisonal terdapat unsur-unsur seperti permainan anak dan permainan rakyat yang sudah dimasukkan ke dalamnya.

Selain itu juga permainan tradisional mempunyai keterkatian antara kebiasaan atau adat dan tradisi dari suatu kelompok tertentu.

tradisi nusantara yang ada dalam permainan tradisional
yukepo.com

Permainan tradisonal ini mimiliki banyak manfaat dan sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak, Baik itu secara fisik ataupun secara mental.

Permainan tradisonal bisa melatih otak kanan dan otak kiri si anak sehingga antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional mampu berjalan secara seimbang.

Lalu pengertian permainan tradisional menurut para ahli itu seperti apa? Ini dia pendapat para ahli mengenai permainan tradisional yang perlu diketahui:

1. Pengertian permainan tradisional menurut James Danandjaja

james danandjaja seorang ahli folklor
m.tempo.co

Permainan tradisional adalah salah satu bentuk permainan berupa permainan anak-anak yang beredar baik secara lisan maupun secara anggota kolektif yang berbentuk tradisional yang di wariskan secara turun temurun hingga memiliki berbagai variasi dalam satu jenis permainan.

Ciri dari permainan tradisonal adalah tidak diketaui siapa penciptanya, biasanya hanya terucap dari mulut satu ke mulut yang lainya. Terjadang juga mengalami perubahan nama meski permainannya sama.

Contoh darinya adalah permainan congklak dari Jawa Barat (Sunda) dengan permainan dakon dari Jawa Tengah yang mempunyai peraturan dan juga cara bermain sama, namun permainan ini beda cara penyebutannya.

2. Pengertian permainan tradisional menurut Atik Soepandi

permainan merupakan kegiatan untuk menghibur hati baik itu menggunakan alat atau tidak. sedangkan yang disebut tradisional adalah sesuatu yang di tuturkan atau di wariskan secara turun temurun dengan tujuan hiburan atau menyenangkan hati.

3. Permainan tradisional menurut Kurniati

Permainan tradisional akan melatih setiap potensi anak yang di cerminkan dalam setiap perilaku adaptasi sosial dengan selalu melestarikan dan juga mencintai budaya Nusantara tercinta bangsa Indonesia ini.

reog ponorogo salah satu kebudayaan Indonesia
beautytour.info

Kurniati juga mengatakan bahwa permainan tradisional yang berasal dari Jawa Barat dirasa mempunyai keterampilan yang bersifat menghibur dan dapat kita jumpai dimana-mana.

Jika permainan tradisional Jawa Barat bisa dikaji lebih lanjut, ternyata permainan tradisional ini sangat besifat edukatif, dan juga di dalamnyua mengandung unsur pendidikan jasmani, kecermatan, kelincahan, daya fikir, serta apresiasi terhadap unsur seni, dan membuat pikiran lebih segar.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai pengertian permainan tradisional menurut para ahli. Kegiatan dalam permainan tradisional seperti alat untuk anak dalam proses pembelajaran saat pertama sewaktu anak-anak tersebut tidak bisa sampai mereka mampu menguasainya.

permainan tradisonal bersifat edukatif
laudablebits.com

Selain itu, melalui kegiatan permainan tradisional disitu akan ada yang namanya proses pembentukan karakter dan kepribadian untuk sang anak.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika anak-anak di sekitar kita perlui diperkenalkan dengan yang namanya permainan tradisional sejak dini agar pembentukkan karakternya bagus. Ayo bermain permainan tradisional!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *