info sbmptn 2017

Hasil Pengumuman SBMPTN 2017 – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi

Pengumuman SBMPTN 2017 – Kemristekdikti atau Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada hari ini, Jumat (13/1) menyatakan secara resmi dimulainya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN tahun 2017.

informasi sbmptn 2017
kuliahan.com

Menristekdikti, Mohamad Nasir dalam sambutannya tersebut mengatakan bahwa kuota untuk penerimaan SNMPTN serta SBMPTN tahun 2017 ini ada perbedaan dari tahun kemarin.

Hal karena ada beberapa pertimbangan yang berdasar pada kajian dari hasil pelaksanaan penerimaan calon mahasiswa di tahun- tahun yang sebelumnya. Panitia telah memutuskan penetapan kuota SNMPTN minimum adalah 30%, SBMPTN minimum adalah 30%, serta ujian mandiri (UM) maksimum adalah 30%.

Selanjutnya, Bapak Nasir menyebutkan bahwa rektor atau perguruan tinggi yang tak mau patuh pada terhadap penetapan kuota tersbut, khususnya dalam UM, maka akan diberikan sanksi akademik.

Sedangkan, untuk masalah kebijakan kuota SNMPTN serta SBMPTN sepenuhnya adalah kebijakan kampus. Bahkan kampus juga diberikan kebebasan untuk tidak melaksanakan atau mengadakan UM.

Disebutkan dia, bahwa Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu perguruan tinggi yang mempunyai kebijakan sendiri. ITB tak membuka jalur lewat UM. Kuota kampus hanya difokuskan untuk jalur SNMPTN serta SBMPTN.


Pelaksanaa Tryout SBMPTN 2017


persyaratan sbmptn 2017
blog.mamikos.com

Sementara itu, mengenai waktu pelaksanaan tryout, Ketua Panitia SNMPTN serta SBMPTN tahun 2017 Ravik Karsidi mengatakan bahwa, untuk SNMPTN, calon mahasiswa diterima yang mengacu pada seleksi dari penelusuran prestasi dan juga portofolio akademik.

Untuk itu sekolah diwajibkan mendaftarkan siswanya pada laman berikut ini: http://www.snmptn.ac.id dan juga http://halo.snmptn.ac.id serta bisa juga menghubungi call-center: 0804 – 1450 450.

Ravik juga mengatakan bahwa tidak semua sekolah bisa mendaftarkan semua siswanya. Sekolah hanya dapat mendaftarkan siswa yang berprestasi atau terbaik berdasarkan akreditasi sekolah tersebut. Dalam masalah ini, sekolah yang memiliki akreditasi A maka bisa mendaftar 50% siswa yang berperstasi terbaik.

Sedangkan sekolah akreditasinya B adalah 30%, dan sekolah yang akreditasinya C adalah 10%, dan untuk sekolah yang akreditasi lainnya hanya disediakan kuota 5% saja.

Sementara untuk itu, untuk jalur tertulis, maka siswa bisa mendaftarkan diri pada pada laman SBMPTN berikut ini: http://www.sbmptn.ac.id serta http://halo.sbmptn.ac.id dan juga bisa menghubungi call-center 0804 – 1456 – 456.


Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2017


  • 14 Januari- 12 Februari 2017 adalah waktu yang digunakan untuk melakukan pengisian serta verifikasi Pangkalan data sekola dan siswa (PDSS).
  • 21 Februari-06 Meret 2017, adalah waktu untuk pendaftaran
  • 16 Maret- 15 April, adalah proses seleksi
  • 26 April 2017, adalah Pengumuman kelulusan
  • 16 Mei 2017, adalah pendaftaran ulang perserta yang lulus SNMPTN 2017

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2017


  • 11 April-05 Mei 2017, adalah Pendaftaran CBT dan PBT
  • 16 Mei 2017, adalah Ujian Tulis Computer Base Testing (CBT) serta Paper Basid Testing (PBT)
  • 17 dan atau 18 Mei 2017, adalah Ujian Keterampilan
  • 13 Juni 2017, adalah pengumuman kelulusan

Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2017/2018


  1. Pengumuman dapat dilihat di website resmi SBMPTN yakni www.sbmptn.ac.id atau bisa juga dengan mengakses laman khusus pengumuman SBMPTN yakni pengumuman.sbmptn.ac.id . Sebaiknya kita pilih alamat yang kedua.
  2. Copy dan paste link website SBMPTN yang telah disebutkan tadi pada browser pencarian anda. (Ingat! hanya alamat tersebut yang menjadi alamat Resmi Utama dari Pengumuman SBMPTN, jadi jangan sampai salah).
  3. Dan selanjutnya anda akan dibawa masuk ke website resmi Pengumuman SBMPTN
  4. Saat hendak login, anda akan dimintai untuk mengisi kolom nomor peserta dan juga tanggal lahir anda.
  5. Kemudian isilah nomor peserat dan tangal lahir anda, dan juga masukkan kode captcha yang terlihat, kemudian klik “cari“. Berikut adalah tampilan halaman dari pengumuman SBMPTN 2017.
melihat pengumuman sbmptn
jakartakita.com

6. Selanjutnya sistem tersebut akan memberi informasi mengenai kelulusan anda. Silahkan informasi tersebut dibaca dengan baik, apakah disitu anda dinyatakan lulus SBMPTN ataukah tidak lulus SBMPTN.

7. Keterangan lulus biasanya terdapat kata ucapan selamat yang disertai dengan adanya data diri dari peserta lulus, sedangkan keterangan tidak lulus biasanya terdapat ucapan mohon maaf yang disertai dengan nama peserta dan juga nomor peserta SBMPTN yang tidak lulus SBMPTN.

Demikian tadi infomasi mengenai Pengumuman SBMPTN 2017, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan informasi penting ini kepada teman-teman anda melalui social media (facebook, twitter dan yang lainnya. Terima kasih.

1 thought on “Hasil Pengumuman SBMPTN 2017 – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi

Leave a Comment