Memahami Perbedaan Bimbingan dan Konseling Secara Mudah

pengertian bimbingan dan konseling

Perbedaan Bimbingan dan Konseling – Mungkin dari kita belum tahu bahwa Bimbingan dan Konseling bukan satu kesatuan melainkan berbeda dan mempunyai makna yang beda juga, disini kita akan coba untuk menjelaskan Perbedaan bimbingan dan konseling secara lengkap yang dapat dengan mudah untuk kita pahami.

Karena masih banyak dari kita menganggap bimbingan dan konseling itu sama, sehingga kita kurang mengerti peran atau fungsi dari bimbingan dan konseling itu sendiri, untuk itu disini kita akan membahasnya agar memudahkan kita dalam memahaminya.

bimbingan konseling
contohskripsi.indotesis.com

Tetapi sebelum kita menjelaskan Perbedaan bimbingan dan konseling sebaiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu Bimbingan dan Konseling, silahkan simak penjelasanya dibawah ini.

Pengertian Bimbingan

pengertian bimbingan
sasrianaoctavinia.wordpress.com

Bimbingan berasal dari kata guidance yang merupakan penggalan kata dari kata guide yang mempunyai arti menunjukkan, mengarahkan, mengatur, memimpin, menuntun, memberi nasihat. Pada kenyataanya bimbingan mempunyai pengertian yang sangat beragam. Saat memahami pengertian bimbingan sebenanrya terdapat beberapa kata kunci yaitu, bantuan, proses dan memahami diri sendiri dan lingkungan.

Dari kata kunci tersebut kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa bimbingan adalah sebuah proses untuk memberi bantuan terhadap orang lain agar orang yang kita bantu dapat memahami diri sendiri dan lingkungan yang ada di sekitarnya dengan baik sehingga hidup yang di jalaninya akan menjadi lebih teratur dan jelas.

Pengertian Konseling

pengertian konseling
jelajahinformasi.com

Konseling merupakan arti dari kata counseing yang asalnya dari kata counsel yang memiliki arti anjuran, nasihat, percakapan. Banyak para ahli yang juga sudah membahas pengertian konseling dan kesemuanya memberikan kesimpulan yang intinya sama bahwa konseling merupakan pemecahan suatu masalah yang dimiliki oleh seseorang.

Dalam merumuskan pengertian Konseling terdapat kata kunci seperti, proses, kenselor, konseli, bantuan, wawancara, face to face, masalah dan kesejahteraan.

Jadi dapat kita artikan bahwa Konseling adalah Sebuah proses pemberian bantuan yang di lakukan oleh kenselor kepada konseli dengan melakukan wawancara yang dilakukan secara langsung atau bisa disebut face to face dalam membantu memberikan solusi masalahnya agar dapat hidup lebih baik lagi.

Setelah membaca uraian di atas semoga kita sedikit demi sedikit dapat mengerti pengertian bimbingan dan konseling, mari kita lanjut lagi ke pembahasan berikutnya, disini sekarang kita akan menjelaskan pengertian dari keduannya yaitu pengertian dari Bimbingan dan Konseling itu sendiri.

Pengertian Bimbingan dan Konseling

pengertian bimbingan dan konseling
areadewasa.com

Memberikan bantuan terhadap konseli yang dilakukan oleh konselor baik untuk individu maupun kelompok, baik secara langsung atau tidak langsung (melalui media: telepon, internet) dalam mengoptimalkan, mengembangkan potensi atau memberikan solusi terhadap setiap masalah yang ada pada para konseli.

Fungsi Bimbingan dan Konseling

mengenali diri sendiri
best-desktop-wallpapers.net

Membantu konseli agar memahami dirinya sendiri, mencegah konseli dari masalah yang mungkin dapat timbul sewaktu-waktu, membantu mengembangkan atau menggali potensi diri yang ada pada konseli, membimbing konseli untuk mendapatkan segala hak dalam kepentingan pendidikan.

Persamaan Bimbingan dan Konseling

tujuan yang dicapai
digitalmodern.blogspot.com

persamaan bimbingan dan konseling yaitu terletak pada tujuan yang ingin dicapai yaitu keinginan yang sama antara program sekolah dengan siswa, yaitu sama sama untuk mengemabangkan potensi diri dan juga memandirikan setiap individu selain itu juga sama sama masih mengikuti norma yang berlaku di masyarakat kita tinggal.

Perbedaan Bimbingan dan Konseling

Pengertian perbedaan Bimbingan dan konseling terbagi menjadi 2, yaitu perbedaan secara umum dan perbedaan menurut para ahli, diantarnya sebagai berikut:

Perbedaan Bimbingan dan Konseling secara Umum

perbedaan bimbingan dan konseling
aulyalila.wordpress.com

Perbedaan ini terletak pada isi dari kegiatan dan juga tenaga dari yang menyelenggarakannya. Dari segi isi, bimbingan akan lebih banyak bersangkutan dengan mendapatkan atau di beri informasi dan kegitan mengumpulkan data mengenai siswa yang sedang ditangani dan sedikit lebih menekan pada pencegahan.

Sedangkan konseling merupakan kegiatan yang sering dilakukan secara langsung atau tatap muka antara konselor dan konseli. Dari segi tenaga konselor dapat dilakukan oleh orang tua, wali kelas, kepala sekolah, guru, orang dewasa atau yang lainnya.

Namun Konseling ini hanya dapat di lakukan oleh orang yang sudah mempunyai ilmu atau pengetahuan di bidang ini, dengan kata lain konseling adalah bentuk yang khusus dari bimbingan yang di lakukan oleh konselor kepada konseli.

Perbedaan Bimbingan dan Konseling Menurut Ahli

  • Menurut Bimo Walgito

Bimbingan merupakan bentuk pertolongan yang diberikan kepada individu atau kelompok untuk membantu mengatasi kesulitan kehidupan yang sedang dialami, agar orang tersebut mendapatkan kesejahteraan.

  • Menurut Daniel Mc

Bimbingan diadakan untuk tujuan membantu setiap orang mengenal dirinya sendiri. Sedangkan Konseling adalah pertemuan secara langsung kepada orang yang akan di beri bantuan untuk menyesuaikan dirinya secara efektif dengan dirinya sendiri maupun dengan lingkungan disekitarnya.

  • Menurut Moh. Surya

Bimbingan merupakan suatu proses untuk memberi bantuan secara terus menerus dengan sistematis terhadap individu untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapinya, agar mencapai kemampuan dalam memahami dirinya sendiri (self understanding),

kemudian kemampuan untuk menerima dirinya sendiri (self acceptance), dan juga kemampuan untuk mengarahakan dirinya sendiri (self direction) ke arah yang lebih baik dan kemampuan untuk merealisasikan atau mewujudkan dirinya (self realization) sesuati dengan potensi yang ada dalam dirinya untuk memberi penyesuaian dengan lingkungan disekitar.

Sedangkan Konseling adalah hubungan rofssional seorang konseler dengan konseli. Hubungan ini terkadang bersifat individual meski biasanya melibatkan lebih dari 2 orang.

Demikian pembahasan kita mengenai Perbedaan bimbingan dan konseling, semoga dapat bermanfaat bagi kita untuk memahami keduanya.

You may also like

7 Comments

  1. intinya konseling itu konsultasi mencari pemecahan masalah dan bimbingan menasehati dan menunjukkan jalan yang benar ya mas broo…

  2. Kirain bimbingan dan konseling itu sama, ternyata berbeda.. tapi yang jelas intinya membantu mencari solusi ?

    1. iya mas, intinya sama antara bimbingan dan konseling,, sama sama mencari solusi yang terbaik 🙂

  3. Saya jadi tahu arti sebenarnya nih antara bimbingan dan konseling, sama kayak bingungnya kita antara coach, trainer, motivator, dll. Hehe..

    Anyway, artikelnya keren dan mendalam, great!

    Regards, Raafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *