Permainan Tradisional yang Berasal dari Jawa Tengah

permainan tradisional engrang

Permainan Tradisional dari Jawa Tengah – Di Indonesia mempunyai banyak sekali suku budaya, sehingga disini terdapat beragam jenis permainan dalam setiap daerahnya. Salah satu yang akan kita bahas adalah permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah.

rumah adat jawa tengah yang megah
panduanrumah.com

Dibawah ini adalah beberapa contoh permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah, diantaranya adalah:

1. Egrang

permainan tradisional engrang
yourshot.nationalgeographic.com

Permainan tradisional Egrang/Enggrang sudah tak asing lagi bagi masyarat di Indonesia, dikarenakan sejak dulu permainan ini sudah mainkan oleh anak-anak dan juga remaja pun ikut bermain.

Sebenarnya di beberapa daerah juga memiliki permainan seperti ini, namun namanya bukanlah egrang atau enggrang, di setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. Permainan egrang terbuat dari kayu atau bambu, akan tetapi kebanyakan egrang terbuat dari bahan bambu.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama kita cukup siapkan dulu bambu yang sudah tua tapi berukuran tanggung. Siapkan 2 pasang bambu dengan ketinggian seperti tinggi badan kita.

kemudian buat pijakkan kaki yang nantinya untuk kita pijak  pada bagian bawah bambu, kira-kira tingginya di ukur mulai dari tanah sampai dengan lutut kita. Untuk bermain egrang ini cukup sulit, karena kita dituntut untuk menjaga keseimbangan saat berjalan agar tidak terjatuh.

2. Sepak Tekong

melestarikan permainan sepak sekong
hanyakatasatya.wordpress.com

Permainan sepak tekong ini adalah permainan yang sangat digemari oleh anak lak-laki, biasanya dimainkan sore hari. Untuk bermain sepak tekong ini cukup mudah, yang diperlukan adalah kegesitan dalam berlari dan juga kelincahan.

Permainan tradisional ini hampir sama denga permainan petak umpet pada umumnya, yang membedakan adalah media yang digunakan dalam bermain sepak tekong.

Jumlah pemain sepak tekong ini minimal 2 orang, tapi kalau hanya dua orang maka permainan ini tidak seru, semakin banyak pemain maka akan semakin menambah keseruan dari permainan sepak tekong.

Pertama kita buat lingkaran, di dalam lingkaran itu kita letakkan bola plastik. Kemudian kita tentukan dulu siapa yang akan berjaga, jika sudah di tentukan maka yang lainnya bersembunyi.

Jadi tugas si penjaga tadi adalah menjaga bolanya agar tidak di tendang oleh pemain yang bersembunyi, selain itu juga penjaga bola tadi mencari pemain yang bersembunyi, jika ada pemain yang bersembunyi terlihat oleh kita.

Maka kita cukup menyebutkan namanya kemudian menendang bola, Nah biasanya saat akan menendang bola ini kita dulu-duluan untuk berlari menendang bolanya.

3. Bentengan

permainan bentengan saat sekolah
youtube.com

Bentengan merupakan permainan tradisional yang berasal dari daerah jawa tengah. Bentengan dimainkan oleh dua kelompok/grup, masing-masing grup ini mempunyai  4 sampai 10 orang.

Jadi setiap grup ini mempunyai benteng, biasanya benteng berupa tiang atau pohon. Dalam bermain bentengan ini setiap anggotanya mempunyai tugas masing-masing, ada yang  jadi penyerang, bertahan ada juga yang bertugas sebagai pengalih.

Jadi tujuan akhir dari benteng ini adalah dengan menyentuh benteng lawa, jadi siapa yang menyentuh benteng lawan duluan maka grup itulah yang menang.

Selain dengan menyentuh benteng kemengan juga bisa kita raih dengan cara menangkap seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh bagian tubuh mereka.

Jadi siapa yang banyak mangkap anggota, maka sudah di pastikan menjadi pemenangnya. Karena yang ada untuk menjaga benteng pasti cuma satu orang saja, sehingga kita bisa mengepungnya dan memenangkan pertandingan.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai permainan tradisional yang berasal dari jawa tengah, semoga kita bisa melestarikan permainan tradisional yang terancam punah ini, semoga artikel tadi bermanfaat dan terima kasih.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *