permainan sunda jawa barat

Macam-macam Permainan Tradisional Khas Sunda Jawa Barat

Permainan Tradisional Sunda – Hai kawan! Tahu kan kalau Negara tercinta ini paling terkenal dengan keragamannya? Ada beberapa agama, rasa, suku bangsa, hingga makanan khas. Omong-omong soal kekhasan, siapa sih yang gak suka bermain? Beberapa buku yang saya baca bahkan mengungkapkan bahwa orang dewasa pun masih menyukai kegiatan bermain.

permainan sunda jawa barat
m.galamedianews.com

Hanya saja, permainan yang mereka lakukan jelas berbeda dengan kegiatan bermain ala anak-anak. Nah, balik ke kekhasan! Indonesia memang kaya deh. Kekayaannya terlihat bukan hanya ketika kita bicara tentang ragam suku bangsa, ras, dan lain-lain.

Karena buktinya, permainan di Indonesia pun punya kekhasan daerahnya masing-masing! Keren deh! Namun begitu, hari ini kita akan fokus menyoroti soal permainan tradisional khas Sunda. Semua yang tradisional itu selalu menyenangkan deh, karena kita bisa belajar soal budaya masa lampau!

Sunda…. Mendengar kata Sunda mengingatkan kita tentang daerah-daerah di Jawa Barat. Right? Lalu, permainan tradisional apa saja sih yang khas dari suku ini?

1. Permainan Tradisional Sunda Perepet Jengkol

permainan asal sunda
twitter.com

Perepet jengkol? Jangan mengerutkan kening begitu dong, teman-teman. Tenang saja, permainan ini sama sekali tidak melibatkan makanan bernama jengkol kok. Berasal dari Jawa Barat, permainan ini dimainkan oleh setidaknya minimal tiga orang. Namun, semakin banyak pemain akan lebih seru karena suasana makin semarak. Oh ya, jangan lupa senandungkan lagu ini ya!

Perepet jengkol jajahean

Kadempet kohkol jejeretean

Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Pernah dengar lagu ini? Saya percaya teman-teman asli Sunda pasti sering mendengar lagu yang satu ini. Cara bermainnya juga sederhana kok. Para pemain saling membelakangi, lalu mengaitkan salah satu kaki dengan kaki pemain lainnya. Bisa dengan menyilangkannya, agar kaki mereka saling terikat.

Setelah itu, mulai menyanyikan lagu di atas, sambil menjaga keseimbangan. Oh ya, mereka juga harus kompak—untuk bergerak ke kiri atau ke kanan.

Sambil terus menyanyikan lagu tersebut, mereka bergerak seirama dan tetap menjaga keseimbangan. Lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo yang makin cepat, sehingga gerakan mereka pun harus semakin cepat.

Permainan yang satu ini memang kelihatan sederhana, namun punya pesan moral yang dalam. Kita jadi tahu arti saling mendengarkan dan menjaga kekompakkan demi hubungan yang tetap kokoh.

2. Permainan Tradisional Sunda Cing Ciripit

permainan sunda cingciripit
semipalar.blogspot.com

Wah, ternyata Sunda itu kaya dengan lagu-lagu khasnya ya! Salah satunya ketika kita mengenal permainan selanjutnya, cing ciripit namanya. Permainan ini sederhana namun dapat mencairkan suasana dan menambah keakraban antara pemain.

Dimainkan oleh beberapa anak, namun tentu saja akan semakin meriah jika pemainnya bertambah banyak. Cing ciripit diawali dengan menunjuk satu orang pemain, bisa melalui suit atau menunjuk secara voting. Setelah terpilih, satu pemain tersebut harus membuka tangannya seperti orang sedang meminta sesuatu.

Then? Semua pemain meletakkan jari telunjuk mereka di atas tangan yang terbuka tersebut, sambil kesemuanya menyanyikan lagu yang satu ini. Khas Sunda banget deh!

Cing ciripit

Tulang bajing kacapit

Kacapit ku bulu paré

Bulu paré seuseukeutna

Jol, pa dalang mawa wayang, Jékjéknong!

Kalau lagu di atas diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini:

Cing ciripit

Tulang tupai kejepit,

Kejepit oleh bulu padi,

Bulu padi yang bagian tajam,

Jol, pak dalang bawa wayang, Jékjéknong !

Setelah lagu selesai, semua pemain harus segera mengangkat jarinya dari telapak tangan yang terbuka tersebut. Kalau tidak? Ia yang bakal jadi ‘kucing’!

3. Permainan Tradisional Sunda Kobak

permainan sunda kobak atau logak
muhammadnovri.com

Wah, nama permainannya unik ya? Permainan ini melibatkan tiga sampai lima orang pemain. Alat permainannya pun sederhana, karena para pemain hanya menyediakan beberapa gundu saja. Selain gundu, pemain juga harus menyiapkan sebuah lubang kecil yang dangkal.

Setelah itu, kobak siap dimainkan! Pemain bisa mulai melempar gundu agar dapat masuk ke dalam lubang tersebut. Sederhana ya?

Namun begitu, biasanya para pemain suka menggunakan permainan ini sebagai ajang taruhan, entah untuk mempertaruhkan uang ataupun hanya sekadar karet gelang. Positifnya, permainan ini dapat melatih para pemainnya menjadi lebih tangkas dan cermat.

4. Permainan Tradisional Sunda Congklak

permainan tradisional congklak
whatsupindonesia.com

Nah, kalau permainan tradisional yang satu ini tentunya lebih dikenal dong. Benar kan? Permainan congklak atau dakon ternyata berasal dari suku Sunda ya? Permainan ini sederhana dan bahan-bahannya pun mudah didapat, cara bermain congklak pun bisa dengan mudah kita pelajari.

Pemain hanya menyediakan congklak dan 98 butir biji-bijian. Setelah itu? Pemain sudah bisa menikmati permainan yang satu ini! selain seru, permainan congklak sangat bagus untuk mengasah logika anak-anak, patut untuk di coba.

Demikian pembahasan kita mengenai Permainan Tradisional Sunda Jawa Barat, kita sebagai rakyat indonesia haruslah melestarikan permainan tradisional yang hampir punah, agar anak cucu kita nanti bisa mendapatkan edukasi dari permainan ini dari pada harus terkena dampak buruk pemainan yang ada di gadget.

Semoga bermanfaat dan semoga permainan tradisional di daerah kalian tetap lestari sepanjang masa.

1 thought on “Macam-macam Permainan Tradisional Khas Sunda Jawa Barat

Leave a Comment