Pertama kali Mengenal Komponen Komputer

personal computer

Ini ceritaku saat pertama kali mengenal perangkat komputer, sebelumnya aku sudah bisa mengoperasikannya tapi belum mengerti komponen-komponen apa saja yang dipakai untuk membuat komputer. Pada tahun 2012 aku sekolah di Smk Muhammadiyah 1 Marga Tiga mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Di situlah awal mula aku mengenal komputer secara mendalam, sebelum diterima di sekolah tersebut aku melakukan tes, salah satu tesnya adalah interview seputar komputer. Aku di tanya mengenai Sistem operasi itu apa, prosesor, aplikasi-aplikasi komputer dan masih banyak lagi.

personal computer
warungtechnology.blogspot.com

Dari pertanyaan diatas hanya sedikit yang bisa aku jawab karena memang kurangnya pengetahuan mengenai ilmu komputer. Tapi saya tetap lulus tes karena hasil tes yang lain Alhamdulillah bagus, selanjutnya masuk ke tahap orientasi sekolah.

Setelah orientasi usai beberapa hari kemudian ada materi mengenai perangkat komputer, nama mata pelajarannya Perawatan Peripheral pada Komputer.  Seorang guru membawa komponen komputer dan menjelaskan satu-persatu komponen komputer.

Setelah di jelaskan ada tugas untuk para siswa, yaitu menjelaskan ulang komponen komputer. Terus terang saat itu saya sangat deg-degan sekali, tak beberapa lama namaku di sebut dan aku maju ke depan, aku tidak bisa menjelaskan komponen yang sedang ku pegang.

Bagaimana mau menjelaskan jika nama dari komponennya saja tidak tahu, jadi saat cuma bisa cengar cengir didepan kelas. Tapi dari situ aku tahu bahwa aku harus belajar dengan sungguh-sungguh, jika tidak maka aku hanya bisa cengar cengir.

Aku mulai browsing-browsing mencari tahu apa-apa saja perangkat komputer, sering baca-baca dan lama-lama aku terbiasa dengan semua itu. Di tambah lagi dengan kegiatan praktik merakit komputer, bukan hanya tahu kompone-komponennya tapi aku juga bisa merakitnya dengan benar.

Sebenarnya ada banyak komponen komputer, tapi yang menjadi komponen pokok hanya ada beberapa, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Motherboard

Komponen komputer motherboard
pexels.com

Motherboard atau yang sering disebut dengan mainboard ini adalah perangkat utama dari kompunen komputer, karena disini lah sistem input outpun berjalan, jika mainboard ini mati akan susah untuk membenarkannya.

Kebanyakan teknis jika mempunyai service-an komputer yang mainbboardnya mati, maka mereka lebih memilih langsung menggantinya saja.

Di karenakan untuk membenarkan mainboard selain susah, harapan kembali normalnya juga kecil, saya dulu pernah mengservice mainboard tapi juga gagal, sudah berbagai cara digunakan bahkan sampai aku cuci menggunakan deterjen, tapi tetap tidak bisa dipakai lagi.

Processor

komponen komputer processor
jonooit.com

Processor bisa disebut juga dengan otaknya komputer, semua data dari input mau pun output aku di proses di processor ini. Semakin bagus processor dalam artian mempunyai kapasitas tinggi maka kecepatan komputer akan semakin gesit dalam mengolah data.

RAM (Random Acces Memory)

ram komputer
patartambunan.com

Merupakan tempat untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer sedang di jalankan dan dapat di akses secara acak atau random. Funsi dari Ram sendiri adalah untuk menyimpan program yang sedang kita olah sementara.

Jika komputer kita mati, maka data yang tersimpan di RAM akan hilang, memori ini penyimpanannya bersifat sementara dengan kapasitas tidak terlalu besar.

VGA Card

komponen komputer vga card
pcadvisor.co.uk

VGA Card merupakan bagian komputer yang terletak di dalam CPU yang mempunyai peran penting untuk menampilkan output proses ke dalam monitor. Tanpa adanya VGA card, layar komputer tidak bisa menampilkan gamba alias blank.

Komponen VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan dari motherboard atau sering disebut juga dengan VGA on board. Bagi yang suka main game VGA ini bagian penting karena termasuk dalam spesifikasi yang di perlukan

Harddisk Drive

harddisk komponen komputer
lifehacker.com

Harddisk Drive atau disingkat dengan HDD ini merupakan sebuah komponen perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data. Fungsi Harddisk sendiri adalah sebagai tempat penyimpan data yang dilakukan secara permanen terutama untuk penyimpanan OS (Operating System).

Monitor

monitor
lifehacker.com

Monitor merupakan sebuah komponen komputer yang fungsinya untuk menampilkan gambar output dari video card. Monitor komputer ada 2 bentuk yaitu monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD.

Heatsink/Fan Processor

heatsink-fan
gizmodo.com

Heatsing merupakan komponen yang penting, fungsinya untuk mengurangi panas komputer yang diletakkan diatas processor. Panas dari komputer dapat berpotensi memperlambat kinerja komputer bahkan bisa mengakibatkan kerusakkan.

Power Supply

power supply
tech.dbagus.com

Power supply mrupakan perangkat keras berbentuk kotak yang isinya berupa kabel-kabel untuk menyalurkan tegangan ke dalam perangkat keras lainnya. Fungsi Power Supply adalah untuk menyuplai tegangan listrik secara langsung ke dalam komponen komputer.

Keyboard

keyboard komponen komputer
tokopedia.com

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu

Mouse

mouse
fjb.kaskus.co.id

Mouse merupakan bagian dari komponen komputer berupa inputan yang fungsinya untuk pointer atau menggerakan cursor di layar monitor.

Nah itu tadi sedikit pengalaman dariku mengenai awal mula pengenalanku terhadap komponen komputer, yang awalnya tidak tahu apa-apa sekarang alhamdulillah sudah bisa merakit sendiri.

Baca Juga: Cara Belajar Huruf Hiragana dengan Mudah

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *