rahasia pengolahan minyak zaitun

Mengungkap Tuntas Rahasia Pengolahan Minyak Zaitun

Rahasia Pengolahan Minyak Zaitun – Pengolahan Minyak zaitun sudah menjadi skala besar industri, namun minyak zaitun juga dapat diproses dalam skala kecil.

rahasia pengolahan minyak zaitun
rahasia pengolahan minyak zaitun

Telah disebutkan bahwa minyak zaitun memiliki banyak khasiat yang dapat memperbaiki bagian dalam organ tubuh salah satunya adalah minyak zaitun untuk rambut. Jadi, secara over all mengonsumsi minyak zaitun dapat membuat tubuh kamu jauh lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi.

Di sini kita akan mengupas jelas pengolahan minyak zaitun dalam bentuk skala besar. Kalau kamu berminat untuk mencoba kamu tentu dapat melakukan ini di rumah.

Secara tradisional bangsa yunani telah melakukan secara turun temurun tentang cara pembuatan minyak zaitun.
Di jaman dahulu, minyak zaitun adalah barang berharga yang menyimpan banyak khasiat sehingga di perjual belikan.

Sampai saat ini produksi minyak zaitun menjadi lebih berkembang pesat di segala penjuru dunia. khususnya di Asia.
Proses pembuatan minyak zaitun dalam skala industri biasanya ditujukan untuk dikonsumsi atau dibutuhkan untuk keperluan medis rumah sakit.

Bagi kamu yang merasa cocok dengan khasiat minyak zaitun, bisa kamu dapatkan di toko offline maupun online. Perlu digaris bawahi bahwa minyak zaitun terdapat dalam dua jenis, palsu dan Asli.

Kalau kamu merasa ragu dengan kualitas minyak zaitun yang dipasarkan saat ini, kamu tentu dapat mencoba dengan memproduksi sendiri di rumah sehinga menjadikan kamu lebih percaya diri dengan keaslian minyak zaitun yang kamu produksi sendiri.

Berikut proses pembuatan minyak zaitun :

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Selama proses pembuatan minyak zaitun, kamu harus berhati-hati disetiap pengolahannya. Setiap 20 kilogram buah zaitun masak, biasanya mampu menghasilkan minyak kurang lebih satu galon.

Minyak yang dihasilkan dari proses ekstraksi, buah zaitun akan berubah warna menjadi hijau bening. Sedangkan buah zaitun tua (matang) akan memperoleh minyak zaitun menjadi warna kuning keemasan.

Kedua ciri minyak zaitun tersebut memiliki manfaat yang sama.. Namun akan lebih baik jika minyak zaitun kuning keemasan yang asal mulanya dari buah zaitun tua (matang).

Langkah pertama pembuatan minyak zaitun adalah :

  • Bersihkan buah zaitun yang akan diproses memakai air bersih agar seluruh kotoran yang menempel bisa kembali steril.
  • Gunakan Penggiling untuk membuat pasta dari buah zaitun agar sari-sari yang tersimpan di dalamnya dapat keluar dengan sendirinya.
  • Setelah adonan pasta buah zaitun membentuk seperti kalis, ratakan adonan menggunakan tikar atau wadah yang lebar agar sari buah keluar.
  • Waktunya untuk memindahkan sari buah yang sudah diperas ke dalam wadah (plastik). Tunggu di ruang fermentasi selama 1-2 jam agar minyak dapat memisah dari kandungan air.
  • Pisahkan kandungan minyak dengan air menggunakan pipa sifon dan tunggu beberapa saat supaya partikel dan kotoran yang terbawa mengendap ke bawah.
  • Kemudian yang terakhir adalah, letakkan corong minyak di atas botol untuk memindahkan minyak zaitun yang siap dipakai. Tuang secara perlahan agar tidak tumpah.

Setelah semua selesai dituangkan, tutup rapat untuk menghindari kontaminasi yang masuk ke dalam minyak zaitun. Setelah itu, minyak zaitun siap digunakan.

Nah, sangat mudah bukan? ini adalah cara manual yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Agar mempercepat proses, kamu hanya membutuhkan sebuah mesin untuk memesar buah zaitun menjadi minyak zaitun.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bisa dipraktikkan di rumah masing-masing. Salam hormat kami, terimakasih.

Leave a Comment