rambu rambu jalan raya

Sejarah Rambu Lalu Lintas dan Keterangannya yang Penting untuk Diketahui

RAMBU LALU LINTAS – Kemanapun Anda pergi pasti Anda selalu melihat rambu lalu lintas. Namun pernah Anda bertanya-tanya siapa dan bagaimana sejarah dari rambu lalu lintas? Simak artikel di bawah ini.

John Peake Knight adalah seorang insinyur sekaligus penemu kereta api yang berasal dari Inggirs. Beliau juga ternyata merupakan orang dibalik ide rambu lalu lintas pertama kali.

Beliau lahir pada tanggal 13 Desember 1828 di Nottingham, Inggris.Saat masih berusia 12 tahun, dia mengambil langkah yang cukup berani yaitu meninggalkan bangku pendiikan untuk bekerja di stasiun kereta api Derby. Lalu pada usia 20 Knight dipromosikan sebagai manager lalu lintas untuk rute dari London ke Brighton Line.

Dan pada saat itu pula dia banyak melakukan banyak hal untuk membantu meningkatkan kualitas perjalanan kereta api, salah satu ide yang dia berikan adalah memperkenalkan mobil Pullman serta kereta api yang aman dengan alarm tarik bagi wanita.

Di usia 58, tepatnya pada 23 Juli 1886, Knight meninggal dunia dan dimakamkan di Pemakaman Brompton di London.

Penemuan Rambu Lalu Lintas oleh John Peake Knight

john peake rambu lalu lintas
ncta.com

Seperti yang sudah disebutkan diatas beliau adalah penemu dari lambing-lambang yang biasa kita lihat di jalan. Rambu ini pertama kali diciptakan pada tahun 1868. Masih dalam sebuah sistem semaphore yang berdasarkan sinyak kaereta api.

Rambu ini diciptakan karena 2 tahun sebelumnya, yaitu di tahun 1866, terjadi kecelakaan yang menewaskan 1.102 orang dan 1.334 orang terluka di jalanan di London.

Setelah kecelakaan naas itu, Knight mengusulkan untuk membuat sistem sinyal yang dapat mengatur lalu lintas kuda untuk dapat mengurangi jumlah kecelkaan di jalan.

Rambu ini bukanlah rambu yang kita kenal sekarang, dulunya masih berupa lentera bertenaga gas yang bergulir dengan warna merah dan warna hijau pada papan kayu.

Asal Mula Rambu Lalu Lintas

awal mula rambu
zaluu.com

Penemuan Knight ini terinspirasi dari sinyak kereta api. Rambu ciptaan Knight ini pertama kali dipasang pada tanggal 9 Desember 1868, di dekat London House of Commons, yaitu di sebuah persimpangan Great George Street dan Bridhe Street, London.

Namun sayang sekali belum genap setahun, rambu tersebut meledak akrena kebcoran gas. Akibat insiden tersebut, seorang polisi yang saat itu sedang bertugas di sekitar rambu terluka parah. Karena itulah sejak tahun 1870, jenis rambu tersebut tidak digunakan lagi.

Ernest Sirrine dari Chicago meningkatkan cahaya pada rambu sehingga lebih jelas terlihat. Dia melakukan inovasi pada rambu di tahun 1910.

Sejarah Singkat Rambu Lalu Lintas

sejarah rambu lalu lintas
drivetribe.com

Dia mengganti lampu merah dan lampu hijau dengan kata-kata Go (lanjut) dan Stop (berhenti). Dua tahun kemudian, seorang dektektif dari Salk lake City Utah, Lester Farnsworth Wire, memilih untuk membuat rambu dengan gaya milik Knight yaitu lampu merah dan hijau.

Sehingga Wire juga dikreditkan sebagai orag di balik rambu untuk lalu lintas yang bisa kita lihat seperti sekarang.

Di tahun 1922, Garret Morgan adalah saksi dari kecelakaan serius di persimpangan di Chicago, dia pun terinspirasi untuk menciptakan perangkat control lalu lintas di tahun yang sama.

Rambu lalu lintas ciptaan Morgan adalah sebuah tiang dengan ujung yang berbentuk hurf T dan terdiri dari tiga sinyal yaitu “Stop", “Go", dan “Stop" untuk semua arah.

Sinyal dari ketiga rambu ini membuat para pengguna jalan mempunyai interval waktu dari berhenti hingga jalan dan begitu pula sebaliknya. Rambu ini juga berguna bagi para pejalan kaki, terutama di persimpangan yang ramai.

Leave a Comment