Olaudah Equiano

Biografi Lengkap Olaudah Equiano – Google Doodle Hari ini 16 Oktober 2017

Olaudah Equiano – Google Doodle Hari ini – Olaudah Equiano (1745 – 1797) adalah penulis Afrika abad ke-18 dan kampanye anti-perbudakan. Dari usia dini, Olaudah Equiano mengalami kengerian perbudakan tangan pertama. Namun, setelah mendapatkan kebebasan-nya, ia memperoleh kewarganegaraan Britania dan menulis tentang pengalamannya.

Siapa Olaudah Equiano – Google Doodle Hari ini 16 Oktober 2017

Otobiografi nya ‘Menarik narasi dari kehidupan Olaudah Equiano’ memainkan peran penting dalam mengubah opini publik di Britania terhadap perbudakan. Account dari perbudakan dan penderitaan manusia yang adalah faktor dalam pemberlakuan undang-undang perdagangan budak 1807.

Awal kehidupan dan pengalaman sebagai budak

Olaudah Equiano menulis bahwa ia lahir di Nigeria pada tahun 1745 – anggota suku Igbo. Umur 11, ia diculik, bersama dengan saudara, oleh asli budak-pemegang; setelah dijual ke pedagang budak Eropa, ia kemudian dikemas ke dalam kapal budak dan ditransfer melintasi Atlantik ke Barbados. Equiano akhirnya koloni Inggris Virginia.

Sebagai budak ia diberi nama yang berbeda, termasuk Gustavus Vassa.

Equiano kemudian menulis tentang penganiayaan budak di perkebunan Virginia. Penjelasannya jelas berbagai hukuman dan humiliations yang bertahan budak itu account diterbitkan pertama dari otobiografi budak. Berbicara tentang pengawas Virginia.

Equiano menulis bahwa dia begitu terkejut oleh pengalamannya yang ia mencoba untuk mencuci warna keluar dari wajah-nya dalam upaya untuk melarikan diri posisinya sebagai budak.

Equiano dibeli oleh Michael Pascal seorang pelaut di Royal Navy; oleh karena itu Equiano mengajar seni pelaut dan harus mengikuti tuannya ke pertempuran selama perang tahun tujuh di Inggris dengan Perancis. Equiano menjabat selama pertempuran membawa mesiu ke posisi.

Equiano memperoleh penghargaan tertentu dari master dan setelah bepergian secara luas, ia dikirim ke Inggris di mana ia memperoleh pendidikan dasar. Pascal kemudian menulis bahwa Equiano adalah ‘sangat pantas boy’. Selama waktu ini, pada tahun 1759, ia juga menjadi Kristen.

Kepercayaan Kristennya yang semakin penting dalam hidupnya. Dia menggunakan pesan Kristen Golden Rule ‘lakukan kepada orang lain, seperti yang akan Anda lakukan untuk Anda’ sebagai cara untuk bentuk sikap terhadap perbudakan. Namun, ia masih ditolak kebebasan yang Pascal sekali dijanjikan. Sebaliknya, dia menjual kepada Kapten James Doran di Karibia dan kemudian ke Robert King, seorang Quaker pedagang dari Philadelphia.

Orang bebas – Siapa Olaudah Equiano

Doran furthered pendidikan Equiano dan mengajarkan Equiano untuk membantu dia dalam perdagangan. Di awal 20-an, Doran membantu Equiano untuk membeli kebebasan. Menulis saat ia memperoleh kebebasan-nya, Equaiano menulis:

Dengan demikian ia menandatangani itqu (memerdekakan) hari itu; sehingga, sebelum malam, yang pernah menjadi budak di pagi hari, gemetar pada kehendak seorang yang lain, aku menjadi [sic] saya sendiri master, dan benar-benar gratis. Saya pikir ini adalah hari paling bahagia yang pernah saya alami… p.177

Awalnya ia tinggal di Amerika untuk membantu Doran sebagai mitra bisnis. Namun, tak lama setelah membeli kebebasan, slaveholders berusaha kidnapp Equaino dan kembali ke perbudakan. Dia hanya lolos dengan mampu membuktikan pendidikannya.

Equiano kemudian menunjukkan posisi gratis budak itu sedikit lebih baik dari budak karena laki-laki mengerikan pengobatan, hitam yang diterima.
Merasa tidak aman di Karibia, ia kembali ke Inggris.

Anti-perbudakan gerakan – Siapa Olaudah Equiano

Kembali di Inggris, dia berteman dengan banyak orang yang didukung penghapusan perdagangan budak. Yang banyak perbudakan Quaker, tapi pada akhir abad kedelapan belas, gerakan menyebar ke denominasi lain. Equiano mampu memberikan tangan pertama perjanjian tentang hidup sebagai budak.

Informasi ini adalah berguna bagi mereka yang berharap untuk mengubah hukum dan melarang perbudakan. Teman-temannya mendorongnya untuk menulis sebuah buku tentang pengalamannya.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1789, account bersemangat diterima oleh banyak orang di Britania. Ini dijual dengan baik, dan pergi melalui banyak edisi. Banyak orang yang membaca tentang penderitaan budak yang lebih cenderung untuk mendukung penyebabnya abolisionis.

Buku menerima ulasan yang baik, dan banyak yang terkejut dan pindah pada kualitas penulisan dan kemampuannya untuk menggambarkan kehidupan sebagai budak.

Buku membuat Equiano, seorang tokoh terkemuka di kalangan sastra. Tahun 1788, Equiano mampu secara pribadi petisi raja untuk akhir dari perbudakan. Buku juga membantu untuk melawan mitos banyak kesalahpahaman saat ini tentang orang-orang Afrika-account ini pribadi dan kepribadian Equiano adalah sangat berpengaruh dalam menampilkan kemanusiaan jelas hitam Afrika.

Pendapatan dari penjualan buku diaktifkan Equiano untuk hidup secara independen filantropis pendukung dan dia dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk kampanye melawan perbudakan. Ia juga menjabat sebagai pemimpin masyarakat hitam miskin London.

Ini sering membebaskan budak dan keturunan, tapi berjuang untuk bertahan secara ekonomi. Equiano juga berkampanye untuk ekstensi suara untuk pria kerja. Dia adalah anggota aktif dari masyarakat sesuai. Ia juga mendukung masyarakat misionaris London-organisasi Kristen yang berkomitmen untuk menyebarkan pendidikan dan Kekristianan luar negeri.

Pada tahun 1792, Equiano menikah dengan Susan Cullen, seorang gadis lokal dari Soham di Cambridgeshire. Mereka memiliki dua anak perempuan. Ia meninggal tahun 1797 di London.

Warisan Equiano – Siapa Olaudah Equiano

Meskipun ada beberapa kontroversi tentang tempat kelahiran yang tepat dari Equiano-beberapa sejarawan percaya ia mungkin telah lahir di Amerika Utara daripada Afrika, tidak ada keraguan bahwa Equiano diputar salah satu tokoh dalam gerakan anti-perbudakan.

Tulisan dan pidato nya membantu menunjukkan orang-orang bahwa ada rasa kemanusiaan bersama yang kuat. Dia membuat daya tarik yang bersemangat untuk cita-cita tinggi anggota Parlemen Inggris-berharap hal ini akan mempengaruhi perubahan.

Setelah membaca tentang penderitaan sesama manusia, ada dukungan yang berkembang untuk penyebab abolisionis. Equiano’s biografi menjadi instrumen penting abolisionis propaganda.

Tags: Biografi Lengkap Olaudah Equiano – Google Doodle Hari ini 16 Oktober 2017, Siapa Olaudah Equiano, Olaudah Equiano Seorang Aktivis.

Leave a Comment