13 Suka Duka yang Hanya Dipahami Anak Kuliah Jaman Sekarang

Suka Duka Kuliah – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai suka duka kuliah yang di alami anak jaman sekarang. Kalau kamu mengira jika suka dan duka berakhir setelah kamu lulus sekolah, hal itu merupakan kesalahan yang besar.

 

suka duka anak kuliah
hipwee.com

Di tempat ini kamu akan menemui dunia perkuliahan yang memiliki suka dan dukanya tersendiri. Nah, buat kamu yang akan lulus sekolah tahun ini, maka persiapkanlah dirimu untuk menghadapi 12 hal ini ya. Dan buat kamu yang sedang kuliah, apakah kamu pernah merasakan hal seperti ini?

Berikut Suka Duka Anak Kuliah Jaman Sekarang:

1. Ospek Jurusan

ospek awal kenalan dengan kuliah
pendidikan.com

Ini merupakan awal duka dari para anak kuliahan. Pasti kalian pernah merasakan masa-masa ini, jadi nggak perlu di jelasin lagi masalah ini, kasian yang punya kenangan buruk sama ospek (ckckkcck).

2. Harus cocok sama passion

Yap, untuk berjasil dalam kuliah, maka kamu harus memilih jurusan yang cocok dengan passionmu. Dan hal ini nggak gampang lho.

Karena, banyak juga anak kuliahan yang baru tahu apa itu passionnya setelah dia “kecemplung” di jurusan itu, atau bahkan saat di “kecemplung” di jurusan yang salah. Jadi nggak jarang tuh mahasiswa yang pindah jurusan lain atau bahkan pindah Universitas.

3. Dipercaya sekaligus dikhawatirkan orang tua

dikhawatirkan orangtua
hotcopas.com

Mendapat kepercayaan dari orang tua bukanlah hal yang gampang, benarkan? Apalagi lagi kalo kamu kuliah masih dengan biaya orangtua. Disini kamu harus berusaha kuliah dengan sungguh-sungguh demi memuaskan orangtua.

Nggak cuma itu, apa lagi kalo kamu anak rantau, siap-siap buat di telepon orangtua tiap hari, bener gak? Yah namanya juga orangtua, pasti khawatirlah sama kita nya.

4. BBM naik-turun

Kuliah di jaman sekarang ini banyak sekali hal-hal yang tidak pasti, salah satunya yaitu harga BBM yang sering naik-turun dengan cepat.

Hal ini yang menjadi penyebap naik turunnya harga makanan dan minuman di kantin, belum lagi ongkos fotokopi di koperasi, sampai biaya bahan maket yang meninggi. Bisa-bisa kantong anak kost jebol, mie instan pun jadi makanan rutin, itupun sehari 2 kali.

5. Cari ongkos sendiri

cari biaya hidup
paliandryjessica.blogspot.co.id

Harga-harga jadi naik terus uang kita dari pemberian ortu menipis? Disini kamu pun kepikiran buat cari ongkos sendiri. Tapi, gimana caranya?

Kamu pun mulai lihat-lihat lowongan kerja di mana-mana, mulai dari jadi petugas paruh waktu di kampus, ada juga yang bikin online shop, sampai-sampai jadi guru les. Hal inilah yang buat kamu haris pintar-pintar untuk bagi waktu antara kuliah dengan bekerja.

6. Ajang pamer (lagi)

Nggak Cuma di sekolah aja yang bisa pamer, di kampus pun juga jadi ajang pamer dan persaingannya itu gengsi lho. Bedanya, disini kamu nggak cuma bermodal smartphone atau gadget, tapi busana, sepatu, sampai tas yang branded gitu lho, kebanyakan sih cewe yang sering ginian.

7. Umur untuk cari jodoh

ajang cari jodoh
ummi-online.com

Ini merupakan duka yang amat berat buat jones. Saat kuliah, kamu pasti udah menginjak usia 20-an, yang mana di usia ini kita ngebet-ngebetnya buat mencari jodoh ataupun pasangan hidup, terutama buat para perempuan yang pengen nikah muda.

Malah ada yang bilang kalo kuliah adalah momen terakhir dimana kamu leluasa buat mencari calon pasangan hidup. Ini bener nggak sih?

Nah kalo di atas tadi kita udah bahas duka, sekarang kita akan bahas yang suka-sukanya jadi anak kuliah jaman sekarang, di antaranya:

8. Jurusan makin keren

Semua jurusan yang adadi universitas sama sekali nggak ada yang cocok sama passion kamu? Tenang aja, udah banyak kok universitas yang punya jurusan unik, misalnya seperti jurusan penelitian Viking yang berada di Nottingham University

Di sini kita akan mempelajari Zaman Viking yang berada di Skandinavia, Inggris, dan lainnya. Jadi, kamu harus cari jurusan sesuai passion kamu, banyak kok.

9. Pakai baju bebas

ajang gengsi
darisudutkota.wordpress.com

Ini nih yang paling di tunggu-tunggu anak sekolah, dimana mereka bebas dari seragam sekolah. Waktu kuliah merupakan waktu dimana kamu bebas memilih mau pakai baju apa, mulai dari kaus sederhana sampai dress yang mahal kayak di fashion show gitu. Tapi disini tetap pakai baju yang sopan ya guys.

10. Jam bebas

Nggak kayak di sekolahan yang jam masuk dan pulang di atur, saat kuliah, waktu perkuliahanmu bisa kamu atur semau kamu. Mau itu masuk siang atau masuk maslem?

Bisa juga kuliah cuma dari senin sampai kamis? Yang terpenting disini kamu harus pintar-pintar buat ngatur jadwalnya.

11. Belajar tanggung jawab

belajar tanggung jawab
aliefsyahru.blogspot.com

Cari ongkos sendiri sampai mengatur jadwal kuliah sendiri, hal jelas bikin kamu jadi mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu kamu juga punya skill mangment yang keren dari sini.

12. Bisa ikut kegiatan macam-macam

Di kampus banyak kegiatan yang dapat kamu ikuti, mulai dari organisasi, kepanitiaan, lomba, sampai jadi asdos (asisten dosen). Seru kan? Hal seperti ini bisa bikin kamu eksis lho diantara mahasiswa, dosen maupun karyawan.

13. Ketemu banyak orang dari berbagai kalangan

Saat kuliah kamu nggak cuma ketemu orang-orang yang seumuramu aja. Di sini kamu bahkan bisa ketemu sama orang seangkatan tapi umurnya lebih tua dari kamu, atau mungkin kebalikannya.

Dosenmu malah masih muda jadi kayak kakak kamu sendiri. Dengan seperti itu, kamu akan mengenal banyak karakter yang berbeda-beda.

Wah, perjalanan hidup anak kuliah jaman sekarang penuh dengan warna suka duka ya? Buat kamu yang kuliah, nggak usah mikirin dukanya ya, karena anak kuliahan itu keren lho.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *