teknologi masa depan

Teknologi Masa Depan yang Sedang Dikembangkan untuk Memudahkan Manusia

Teknologi Masa Depan – Inovasi dalam bidang teknologi tak ada habisnya. Teknologi dirancang untuk mempermudah kehidupan manusia di dalam menjalankan kesehariannya itu. Dari hal yang dikatakan hanya sebatas mimpi, dan kini semua itu tersedia di depan mata kita. Lalu, ada apa saja teknologi yang dimaksud?


3D Printer – Teknologi Masa Depan


teknologi 3d printer
edition.cnn.com

3D Printer memang telah ada dan dikembangkan untuk alat cetak gambar 3 dimensi. Teknologi Printer ini dalam bentuk 3 dimensi yang  dikenal juga dengan prototipe cepat ataupun stereolithography yang mana apabila sebuah objek 3 dimensi dibuat dengan cara meletakkan lapisan berturut-turut dengan beberapa bahan. Teknologi 3D printer  akan menjadi sebuah alat cetak yang populer dimasa yang akan datang.


Augmented Reality – Teknologi Masa Depan


Augmented Reality
hongkiat.com

Teknologi Augmented Reality bekerja dengan cara menggabungkan benda maya yang memiliki ukuran dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam  lingkungan nyata yang kemudian memproyeksikan benda-benda maya tadi dalam waktu nyata.

Teknologi tersebut seperti halnya dengan sebuah hologram dan teknologi ini di perkirakan akan menjadi pilihan di masa depan dimana akan diaplikasikan pada smartphone.


Aspal Serap Air – Teknologi Masa Depan


aspal serap air
gemadesa.com

Tarmac merupakan salah satu perusahaan yang fokus pada bidang konstruksi yang ada di Inggris, yang mana perusahaan tersebut sedang merancang aspal yang dapat menyerap air dalam waktu sekejap. Aspal yang kemudian disebut dengan “Topmix Permeable” itu bahkan di klaim bisa menyerap 880 galon air untuk setiap menitnya.

Tentu hal tersebut sangat membantu untuk di daerah yang rawan sekali terkena banjir, misalnya saja seperti Jakarta dan daerah sekitarnya. Semoga teknologi Aspal tersebut segera diaplikasikan ke seluruh kota di dunia yang membutuhkannya.


Virtual Reality – Teknologi Masa Depan


teknologi virtual reality
youtube.com

Virtual reality merupakan salah satu teknologi yang telah lama diimpi-impikan oleh para pencinta teknologi, bila kita telusuri mulai dari tahun 1980. Dan untuk saat ini teknologi virtual reality mulai menjadi kenyataan.

Nama terbesar pada bidang virtual reality yakni Oculus, yang mana perusahaan tersebut telah merencanakan akan meluncurkan headset ikoniknya, yakni Rift di tahun depan.

Tetapi ada juga beberapa nama perusahaan lain yang mulai untuk mengembangkan konsep tersebut, mulai dari perusahaan kecil seperti  halnya Avegant, hingga perusahaan besar sekelas Sony.


Hologram – Teknologi Masa Depan


teknologi hologram
winpoin.com

Saat ini tampilan holografis atau hologram semakin dengan realisasinya. Perusahaan asal California yang bernama Ostendo sedang melakukan pengembangan tershadap sebuah chipset yang mampu memroyeksikan video pada bidang diagonal sebesar 48 inci.

Bila digabungkan, proyektor-proyektor tersebut bisa membuat gambar menjadi lebih kompleks. Tidak hanya itu, keyboard proyeksi malahan sudah direalisasikan.

Perusahaan HP sedang melakukan pengembangan interface 3D untuk  produk smartphone, dan ada rumor menyebutkan bahwa iPhone generasi berikutnya memiliki fitur interface holografis  3 dimensi ataupun 2 dimensi, kita tunggu saja.


Nanotechnology – Teknologi Masa Depan


nanoteknologi
mskcc.org

Nanoteknologi merupkan salah satu teknologi masa mendatang yang akan membantu manusia dalam melakukan manipulasi partikel-partikel kecil yang ukurannya hanya sebesar atom.

Nanometer memiliki ukuran 1 per semilyar meter yang sangat kecil sekali dan tentunya hal tersebut sulit untuk dipegang dengan hanya menggunakan tangan kosong saja. Sebagai tujuan dari nanoteknologi ini diperkirakan mampu dalam menciptakan material-material baru di masa depan.

Untuk saat ini nanoteknologi sudah cukup banyak dikembangkan dalam pembuatan atau pembangunan infrastruktur yang berkaitan erat dengan internet, salah satunya adalah kabel serat optik, jadi kabel ini sudah menggunakan nanoteknologi. Kita nantikan saja teknologi-teknologi lain yang menggunakan nano teknologi.

Btw, AC itu termasuk teknologi masa depan bukan ya? iya, jadi AC merupakan teknologi masa depan yang telah terwujud. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi service ac yogyakarta.

1 thought on “Teknologi Masa Depan yang Sedang Dikembangkan untuk Memudahkan Manusia

Leave a Comment