wawasan geopolitik

Sejarah dan Konsep Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia – Pada kali ini kita akan membahas mengenai wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia. Apakah sudah ada yang pernah mendengar materi kali ini? Materi ini sudah di bahas di SMA.

wawasan nusantara dan geopolitik
mrmdhn12.wordpress.com

Disini kami akan mengingatkan kembali mengenai wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia. Langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini:

Pengertian Wawasan Nusantara

1. Menurut GBHN 1998, Wawasan Nusantara merupakan suatu cara pandang serta sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan yang ada pada wilayah di dalam meyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Menurut kelompok kerja Wawasan Nusantara tahun 1999 yakni, “cara pandang serta sikap bangsa Indonesia dalam mengenai jati diri.

Serta lingkungan yang beragam dan bernilai strategis dalam mengutamakan persatuan serta kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah di dalam penyelenggaraan kehipan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang bertujuan terwuhudnya tujuan nasional.”

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara
dyahpsug14.blogspot.co.id

Hakikat wawasan nusantara adalah Keutuhan Nusantara ataupun Nasional, dalam pengertiannya yaitu : Suatu cara pandang yang utuh dan menyeluruh di dalam lingkup nusantara demi kepentingan nasional.

Hal ini berarti, setiap warga dan aparat negara, haruslah berpikir, bersikap serta bertindak secara utuh dan menyeluruh di dalam lingkup demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Kedudukan Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara berkedudukan pada visi bangsa. Wawasan nasional adalah visi bangsa yang bersangkutan dengan masa depan.

Visi bangsa Indonesia harus sesuai dengan konsep Wawasan Nusantara yang menjadi bangsa yang satu dengan wilayah. Kedudukan Wawasan Nusantara merupakan salah satu dari konsepsi ketatanegaran Republik Indonesia.

Pengertian Geopolitik

pengertian geopolitik
tugassekolah.com

Geopolitik berasal dari kata “geo” dan politik. “Geo” berarti bumi/planet bumi. Menurut Preston E. James, geografi merupakan persoalan mengenai tata ruang seperti sistem dalam hal menempati suatu ruang di muka bumi.

Jadi Geografi adalah interelasi antara manusia dengan lingkungan hidupnya. Politik maksudnya adalah kekuatan yang berdasar pada pertimbangan-pertimbangan dalam menentukan kebijaksanaan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan tujuan nasional.

1. Perkembangan Teori Geopolitik

Istilah geopolitik pada awalnya merupakan ilmu politik yang di kembangkan untuk menjadi pengetahuan mengenai sesuatu yang ada hubungannya dengan konstelasi ciri khas negara yang berbentuk, luas, letak, iklim, serta sumber daya alam negara untuk membangun serta membina negara.

Para penyelenggara pemerintah nasional kemudian menyusun pembinaan politik nasional yang didasarkan pada kondisi serta situasi geomorfologi secara ilmiah yang berasaskan pada cita-cita bangsa.

2. Beberapa Pandangan para pemikir Geopolitik

Friedrich Ratzel (1844-1904)

Teori ruang yang konsepsinya dipengaruhi oleh ahli biologi seperti Charles Darwin. Di dalam teorinya tersebut, bangsa yang berbudaya tinggi, mereka akan membutuhkan sumber daya yang tinggi, serta pada akhirnya mereka akan terus mendesak wilayah bangsa yang “primitif”.

Rudolf Kjellen (1864-1922)

Dengan teori bahwa kekuatannya yang menyatakan jika negara merupakan satuan politik yang menyeluruh dan sebagai satuan biologis yang mempunyai intelektual yang dapat mengeksploitasi negara “primitif” supaya negaranya terus mendapatkan swasembada.

Karl Haushofer (1869-1946)

Berpendapat jika pada hakikatnya dunia terbagi menjadi empat kawasan benua dan akan dipimpin oleh negara yang unggul. Teori ruang serta teori kekuatan merupakan hasil dari penelitiannya yang sering disebut dengan teori Pan Regional.

Yakni teori ruang hidup yang “cukup”, swasembada, dan juga dunia dibagi menjadi empat Pan Region dimana setiap region dipimpin dengan satu bangsa (nation) yang unggul.

Wawasan Geopolitik

macam macam wawasan geopolitik
sayanda.com
  1. Wawasan Bahari
  2. Wawasan Benua
  3. Wawasan Dirgantara
  4. Wawasan Kombinasi
  5. Teori-teori Geopolitik

Geopolitik Berasal dari kata geo = bumi, dan politik = kekuasaan. Secara bahasa berarti politik yang dipengaruhi adanya suatu kondisi serta konstelasi geografi.

Maksudnya adalah adanya pertimbangan-pertimbangan dasar di dalam menentukan suatu alternatif atau kebijaksanaan nasional yang digunakan untuk mencapai tujuan nasional, dipengaruhi adanya geografi.

a) Pandangan ajaran Frederich Ratzal

Pada abad XIX, Frederich telah merumuskan pertama kali Ilmu Bumi Politik secara ilmiah.
Paham ataupun rumusan Ratzel ini menimbulkan 2 aliran : Titik berat kekuatan di darat serta di laut.

Ia melihat terdapat persaingan antara kedua kekuatan ini. Maka timbulah pemikiran-pemikiran baru, yang merupakan dijadikannya dasar-dasar suprastruktur geopolitik.

b) Pandangan ajaran Rudolf Kjellen

Menurutnya negara merupakan suatu organisme. Negara merupakan satuan biologis, suatu organisme hidup yang mempunyai intelektual. Untuk mencapai tujuannya harus diperlukan ruang hidup yang luas.

c) Pandangan Ajaran Karl Haushofer

Pandangannya telah berkembang di Jerman saat negara tersebut berada di bawah kekuasaan Adolf Hitler (Nazi), juga berkembang di Jepang di dalam ajaran Hako Ichiu. Kekuasaan imperium daratan kompak akan mengalahkan kekuatan dari imperium maritim.

Geopolitik merupakan suatu doktrin negara yang menitikberatkan pada soal-soal strategi perbatasan. Ruang hidup bangsa serta tekanan-tekanan kekuasaan dan juga sosial yang rasial mengharuskan adanya pembagian baru kekayaan alam di dunia.

Geopolitik adalah suatu landasan bagi tindakan politik di dalam perjuangan untuk mendapatkan ruang hidup.

d) Pandangan ajaran Sir Halford Mackinder

Ajarannya adalah Wawasan Benua yang merupakan Kekuatan Darat. Ia mengatakan bahwa barang siapa yang mampu menguasai Daerah Jantung (Eropa, Asia/Erasia, ia akan bisa menguasai “Pulau Dunia” (Eropa, Asia, Afrika);

Dan juga barang siapa yang mampu menguasai pulau dunia akhirnya mereka dapat menguasai dunia.

e) Pandangan ajaran Sir Walter Raleigh dan Alfred Thayer Mahan

Gagasan mereka adalah “Wawasan Bahari” yang merupakan kekuatan di lautan yang kemudian menyatakan bahwa barang siapa yang mampu menguasai lautan akan menguasai perdagangan.

Dan barang siapa yang mampu menguasai perdagangan akan menguasai kekayaan dunia dan mereka akhirnya akan menguasai dunia.

Teori Kekuasaan dan Geopolitik Indonesia

negara penguasa
palingseru.com

Ajaran dari Wawasan Nasional Indonesia dikembangkan dengan berdasar pada teori wawasan nasional secara umum. Wawasan tersebut telah dibentuk serta dijiwai oleh Paham-paham dari Kekuasaan bangsa Indonesia serta Geopolitik Indonesia.

a) Paham Kekuasaan bangsa Indonesia

Menganut paham mengenai “perang dan damai” yakni : “Bangsa Indonesia sangat cinta dengan damai, tetapi tetap saja lebih cinta kemerdekaan serta kedaulatannya”.

Maksudnya bahwa hidup di antara sesama warga bangsa serta bersama bangsa lain di dunia ini merupakan kondisi terus menerus harus diupayakan.

Sedangkan penggunaan kekuatan nasional di dalam wujud perang hanya digunakan untuk mempertahankan kemerdekaan, kedaulatan, dan martabat bangsa dan juga integritas nasional, serta sedapat mungkin untuk diusahakan agar wilayah nasional tidak menjadi ajang perang.

b) Geopolitik Indonesia

Pemahaman mengenai negara Indonesia yang menganut paham negara kepulauan, yakni paham yang kemudian dikembangkan dari asas archipelago yang berbeda dengan pemahaman archipelago di negara-negara Barat.

Dasar Pemikiran Wawasan Nasional Indonesia

dasar pemikiran
ilmusosial.info

Wawasan Nasional Indonesia dibentuk serta dijiwai oleh pemahaman-pemahaman dari kekuasaan bangsa Indonesia yang berdasar dari falsafah pancasila serta oleh pandangan geopolitik Indonesia sendiri yang berdasarkan pada pemikiran kewilayahan dan kehidupan bangsa Indonesia.

Karena dasar pemikiran dan wawasan nasional Indonesia tersebut, terdiri atas dasar pemikiran-pemikiran yang berdasarkan filsafat, kewilayahan, dan sosial budaya, serta kesejarahan.

Kesimpulan:

letak geografi
rifanfajrin.com

Geopolitik merupakan suatu pertimbangan yang berdasarkan di dalam penyelenggaraan negara yang berdasarkan atas letak geografisnya.

Untuk bisa memenangkan suatu perlombaan, kita harus memahami suatu medan sehingga nantinya kita dapat mengetahui strategi terbaik apa yang digunakan dalam memenangkan perlombaan tersebut.

Sama halnya dengan negara, jika suatu negara membutuhkan geopolitik yang bertujuan untuk menentukan pembinaan politik nasional yang berdasarkan pada kondisi serta situasi geografis di dalam mencapai tujuan negara tersebut.

Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap lingkungan disekitarnya, Bangsa Indonesia memiliki pandangan bahwa wawasan nusantara sebagai visi serta perwujudan kebhinekaan atau keberagaman yang ada di Indonesia.

Hakikat dari wawasan nusantara tersebut adalah untuk menyatukan perbedaan-perbedaan dan batasan wilayah di seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke sehingga terwujudlah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bersatu secara utuh di dalam mencapai tujuan nasional Indonesia.

Demikian tadi pembahasan kita mengenai Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Comment